Investasi Terbesar Axiata Digelontorkan di Indonesia

Investasi Terbesar Axiata Digelontorkan di IndonesiaFoto: Muhammad Idris
Kuala Lumpur – Dalam beberapa bulan belakangan, Malaysia kerap kali menempati posisi teratas sebagai negara asal investasi terbesar di Indonesia. Jika dilihat dari sisi perusahaan, Axiata Group Berhad, jadi salah satu grup usaha asal Negeri Jiran itu yang berinvestasi paling besar di Indonesia.

Chief Corporate Officer Axiata Group Berhad Idham Nawawi mengungkapkan, Indonesia sampai saat ini tercatat jadi negara tujuan investasi terbesar perusahaan telekomunikasi global yang berbasis di Kuala Lumpur tersebut.

“Indonesia paling besar nilai investasinya setelah Malaysia sendiri, atau paling besar di luar Malaysia. Sepanjang tahun 2008-2015, di Malaysia kita investasi USD 11,4 miliar. Sementara Indonesia sebesar USD 11,2 miliar,” ungkap Idham di Hotel Le Meridien, Kuala Lumpur, Rabu (12/10/2016).

Investasi Axiata Group terbesar tersedot untuk pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi anak usahanya di Indonesia, XL Axiata. Adapun Axiata Group sendiri saat ini menjadi operator seluler di 5 negara yakni Celcom Malaysia, XL Axiata Indonesia, Dialog Sri Lanka, Robi Bangladesh, dan Smart di Kamboja.

“Investasi di negara lainnya sepanjang tahun 2008-2015 di Kamboja sebesar USD 718 juta, Sri Lanka USD 3,1 miliar, Bangladesh USD 4 miliar. Jadi Indonesia ini memang pasarnya paling besar setelah Malaysia sendiri,” ujar Idham.

Dia melanjutkan, untuk tahun lalu saja, belanja modal dan operasional Axiata Group di Indonesia mencapai USD 1,4 miliar yang sebagian tersedot untuk pembangunan infrastruktur jaringan.

“XL memiliki pelanggan sekitar 41,9 juta dengan cakupan area sekitar 93% dari total penduduk. Sementara total capital expenditure tahun lalu UD$ 1,08 miliar,” jelas Idham.


(ash/ash)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar