(iOS 11) Cara Menggunakan Offload Unused Apps untuk Hemat Kapasitas Penyimpanan

Update iOS 11 memberikan banyak pengaturan baru di aplikasi Settings. Salah satunya yang belum diketahui oleh banyak pengguna adalah pengaturan Offload Unused Apps untuk menghemat kapasitas penyimpanan. Apakah kamu belum mencoba fitur ini? Simak pembahasan lengkapnya dari tim MakeMac ya!

Kupas Tuntas Pengaturan Offload Unused Apps di iOS 11

Secara sederhana, Offload Unused Apps adalah mode hapus otomatis untuk aplikasi yang jarang kamu gunakan. Meskipun aplikasinya dihapus oleh iOS 11, data dan dokumen dari aplikasi tersebut tetap disimpan dan dapat digunakan kembali setelah aplikasi terinstal. Tentunya aplikasi tersebut wajib masih tersedia di App Store – belum dihapus atau dihentikan oleh Apple.

Dengan cara tersebut, kamu bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan secara lebih lega dan tidak perlu repot menghapus aplikasi secara manual. Misalkan saat sedang liburan keluar kota, mengambil banyak foto dan video secara terus menerus dan perangkat iOS mulai kehabisan storage. Fitur Offload Unused Apps akan berjalan secara otomatis jika kamu mengaktifkannya. Perangkat iOS 11 akan menentukan aplikasi apa saja yang jarang kamu gunakan dan menghapusnya, namun data dan dokumen dari aplikasi tersebut tetap aman di dalam perangkat. Sebagai tambahan catatan, proses Offload Unused Apps juga bisa dilakukan secara manual jika memang diperlukan, berikut ini panduan lengkapnya:

Cara Aktifkan Offload Unused Apps:

  1. Pastikan kamu sudah update ke iOS 11.
  2. Masuk ke Settings – iTunes & App Stores- Offload Unused Apps – ON.
  3. Selesai, proses Offload Unused Apps akan berjalan secara otomatis saat iOS 11 mendeteksi kapasitas penyimpanan dirasa sudah minim dan kamu perlu tempat tambahan.


Cara Offload App yang Dipilih Secara Manual

  1. Pastikan kamu sudah update ke iOS 11.
  2. Masuk ke Settings – General – iPhone/ iPad Storage.
  3. Cari aplikasi pihak ketiga yang ingin kamu Offload atau dihapus namun data dan dokumennya tetap disimpan di list tersebut.
  4. Setelah membuka info detailnya, tekan tombol Offload App untuk menghapus aplikasi tersebut namun. Detail kapasitas penyimpanan yang dapat kamu peroleh jika melakukan Offload App ada di bagian App Size. Sedangkan dokumen dan data yang tetap disimpan ada dibagian Documents & Data.

Bagaimana ciri-ciri aplikasi yang ada dalam mode Offload App alias harus diunduh dulu sebelum dapat kembali digunakan? Mudah saja, ada ikon awan dan panah ke arah bawah sebagai tanda bahwa aplikasi tersebut sedang dalam mode Offload App. Jika ditekan, pengguna akan masuk mode unduh aplikasi dan siap digunakan begitu selesai, lengkap dengan data terakhir yang kamu gunakan.

Apakah Kamu Menggunakan Offload Unused Apps?

Fitur Offload Unused Apps sebetulnya sangat berguna untuk kamu yang menggunakan iOS 11 dengan kapasitas penyimpanan kecil, iPhone 5s 16GB atau mungkin iPhone 6 32GB. Dengan cara ini, pengguna bisa dengan mudah dan cepat untuk mencari kapasitas penyimpanan tambahan tanpa perlu repot menghapus aplikasi secara manual atau kembali menata homescreen jika menggunaan cara hapus biasa. Data dan dokumen yang dapat kembali langsung digunakan juga salah satu kelebihan Offload Unused Apps yang patut kamu pertimbangkan.

Apakah kamu sudah menggunakan fitur Offload Unused Apps? Bagikan di kolom komentar ya!


Gambar






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply