iPhone 7 Akhirnya Dapat Restu Kominfo

iPhone 7 Akhirnya Dapat Restu KominfoFoto: detikINET/Adi Fida Rahman
Jakarta – Setelah lama tak hadir secara resmi di Indonesia karena terganjal aturan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN), akhirnya ponsel besutan Apple mendapat restu dari Kominfo.

iPhone yang dimaksud adalah iPhone 7 dan 7 Plus, dan restu yang dimaksud berasal dari Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos Informatika (SDPPI). Dari pantauan detikINET, dua ponsel anyar Apple itu sudah terdaftar di situs Ditjen SDPPI.

Kedua ponsel Apple terbaru itu pun sudah mendapat status ‘sertifikat dicetak’ pada hari ini, Jumat (25/11/2016). Dengan status tersebut, artinya iPhone 7 dan 7 Plus seharusnya sudah memenuhi aturan TKDN Indonesia. Namun belum diketahui apakah benar-benar segera resmi dijual atau tidak.

Tak jelas bagaimana Apple bisa memenuhi aturan TKDN untuk iPhone 7 dan 7 Plus, karena seperti diketahui, untuk memenuhi regulasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk ponsel 4G, Apple kabarnya siap membangun pusat riset dan pengembangan (R&D) di Indonesia.

iPhone 7 Akhirnya Dapat Restu KominfoFoto: Sertifikasi iPhone

Bahkan menurut Menkominfo Rudiantara, Apple akan mengeksekusi lokasi untuk pusat riset dan pengembangannya di Indonesia pada Desember 2016. Barulah awal 2017 mereka akan mulai membangun gedung dan proses rekrutmen.

Apple sendiri sebelumnya masih dalam proses mengurus perizinan di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk rencana investasi USD 48 juta atau sekitar Rp 626 miliar demi memenuhi TKDN software.
(asj/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar