Jangan Beli iPhone 4 di 2017! Ini 5 Alasan dari MakeMac

Halo admin MakeMac. Apakah iPhone 4 dan iPhone 4s masih layak untuk dibeli tahun 2017?

Pertanyaan di atas beberapa kali masuk ke akun Twitter @MakeMac atau email saya. Secara singkat akan saya jawab iPhone 4 dan iPhone 4s sebaiknya tidak kamu beli di tahun 2017. Apa saja alasannya? Simak daftar alasat untuk tidak membeli iPhone 4 dan iPhone 4s di tahun 2017 yang sudah saya susun:

Jangan Beli iPhone 4 dan iPhone 4s di 2017, ini 6 Alasannya:

1. Tidak mendukung iOS terbaru

Perangkat iPhone 4 mendapatkan dukungan dari Apple hingga sistem operasi iOS 7, sedangkan iPhone 4s sampai ke iOS 9. Karena tidak mendukung iOS 10, tentunya kedua perangkat ini tidak bisa menggunakan beragam fitur terbaru dari Apple yang khusus diberikan pada iOS 10. Seperti iMessage App Store, app Home dan beragam hal lainnya.

Selain tidak mendapatkan aplikasi atau fitur di iOS paling baru, pengguna dengan iOS versi lama tidak mendapatkan perbaikan keamanan. Ya, berbeda dengan macOS yang punya sistem penambalan keamanan terpisah, Security Update di iOS hadir bersama update sistem operasi. Itu artinya pengguna di iOS 7 bisa saja lebih rentan terhadap celah keamanan yang baru ditutup oleh Apple pada iOS 8 atau iOS 9 misalnya.

2. Mulai Ditinggalkan oleh Pengembang Aplikasi

Karena keterbatasan hardware yang dimiliki, banyak pengembang aplikasi atau games yang sudah mencabut dukungannya untuk perangkat iPhone 4 dan iPhone 4s. Tidak perlu terlalu jauh ke pengembang aplikasi pihak ketiga deh, kita lihat saja dengan Apple sendiri. Yaitu dengan aplikasi Find My iPhone yang tidak mendukung perangkat iPhone 4 – karena mentok di iOS 7.

Lalu untuk pengembang aplikasi pihak ketiga, prediksi saya WhatsApp akan segera mencabut dukungan untuk iOS 7. Ya, karena mulai tahun ini saja perangkat dengan iOS 6 seperti iPhone 3GS sudah tidak dapat lagi menggunakan WhatsApp. Mungkin giliran iOS 7 di tahun depan?

3. Sadar atau Tidak, iPhone 4 adalah Produk Berumur 7 Tahun

Perangkat iPhone 4 pertama kali dikenalkan Apple pada bulan Juni 2010. Sedangkan iPhone 4s pada tahun 2011 sebagai generasi penerus yang membawa beragam perbaikan. Itu berarti iPhone 4 sudah hadir di dunia selama 7 tahun! Memang sih hingga beberapa tahun kemudian, iPhone 4 masih terus diproduksi bahkan dengan beberapa pilihan storage (8GB, 16GB, 32GB) dan versi CDMA di beberapa negara. Tetapi tetap saja, cetak biru alias teknologi yang digunakan masih sama dengan versi pertamanya.

Tentunya dengan umur yang sudah 7 tahun, banyak hardware yang sudah tidak berjalan dengan prima. Masalah yang paling sering adalah baterai, kondisi layar, sinyal selular yang tidak stabil dan juga bagian seputaran charging yang tidak bisa berfungsi secara maksimal.

4. Aksesoris dan Sparepart Sangat Terbatas

Sekali lagi karena umurnya yang sudah masuk 7 tahun, mencari aksesoris dan juga part pengganti untuk perangkat iPhone 4 dan iPhone 4s bisa dibilang cukup sulit. Beberapa cabang Apple Authorized saja sudah tidak menjual kabel Apple 30-pin to USB sebagai kabel data untuk kedua perangkat tersebut. Apalagi aksesoris dari pihak ketiga seperti case, pelindung layar dan juga benda lainnya.

Tertarik membeli iPhone 4 atau iPhone 4s bekas dalam kondisi layar rusak, Home Button macet atau penyakit lain karena harga super murah? Sebaiknya lupakan saja, karena part pengganti yang ada di pasaran sudah cukup sulit untuk dicari. Jika tersedia, biasanya menggunakan kualitas yang cukup jauh berbeda dari kondisi original.



5. Awas, Banyak iPhone 4 dan iPhone 4s Rekondisi!

Dari pengalaman tim MakeMac dan hasil ngobrol dengan beberapa rekan lainnya, perangkat iPhone 4 dan iPhone 4s termasuk yang paling banyak dibuat sebagai iPhone rekondisi. Yaitu iPhone yang harusnya dikembalikan ke Apple untuk proses daur ulang, tetapi malah dirakit kembali dan dijual dalam kemasan yang seolah-olah baru. Tentunya karena dirakit secara sembarangan dan aksesoris tidak original, umur dari iPhone rekondisi ini tidak panjang.

Karena banyaknya peredaran iPhone rekondisi, rasanya sulit sekali untuk mencari iPhone 4 dan iPhone 4s dengan kondisi prima yang bisa kamu beli di tahun 2017 ini. Ya kecuali yang menjual adalah teman atau keluarga kamu, yang diketahui riwayat penggunaan produk tersebut secara jelas.

Akhir Kata

Ponsel diciptakan untuk membantu kamu dalam hal berkomunikasi dan juga kegiatan produktif lainnya. Menurut pendapat saya, sebuah perangkat berumur lebih dari 5 tahun seperti iPhone 4 dan iPhone 4s ini memang sudah tidak bisa terlalu diharapkan lagi jika kamu memang berencana membeli produk tersebut dalam waktu dekat.

Namun jika kamu sudah memiliki produk ini sampai sekarang dan masih cukup nyaman, syah saja kok untuk menggunakan dalam kegiata sehari-hari. Apalagi hanya untuk sekedar komunikasi dalam bentuk telepon, SMS dan sosial media dalam batas ringan. Namun saran saya segera menabung dan beli iPhone generasi yang lebih baru ya. Misalkan iPhone 5s yang sudah menggunakan Touch ID atau langsung ke generasi iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Apakah ada Sahabat Makemac yang masih menggunakan iPhone 4 atau iPhone 4s di tahun 2017? Bagaimana review kamu mengenai produk tersebut, apakah setuju dengan pendapat saya untuk tidak membelinya? Bagikan di kolom komentar ya!


Gambar






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar