Jangan Kaget, iPhone dan Android Lawas Tak Bisa Pakai WhatsApp Lagi

KOMPAS.com – Tahun berganti, WhatsApp pun membuktikan ucapannya. Pada awal 2017, layanan pesan singkat itu mulai menghentikan dukungannya untuk beberapa sistem operasi lawas.

Jadi pengguna perangkat berbasis iOS 6 atau versi di bawahnya jangan kaget jika tidak bisa lagi menggunakan WhatsApp.

Selain itu, ponsel berbasis Android 2.1, Android 2.2, dan Windows Phone 7 juga harus mencari alternatif baru pengganti layanan pesan singkat milik Facebook tersebut.

Meski begitu, sebagian besar pengguna tentunya tidak perlu khawatir akan penghentian dukungan ini. Pasalnya, keputusan tersebut hanya berlaku untuk perangkat yang sudah lawas atau bisa dikatakan kuno.

Sebagai contoh, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Selasa (3/1/2017), perangkat iOS terakhir yang masih menggunakan versi 6 adalah iPhone 3GS.

iPhone 3GS sendiri dirilis pada tahun 2009 dan sudah lama dihentikan produksinya. Kebanyakan penggunanya pun sudah beralih ke iPhone yang lebih baru.

Selain iPhone 3GS, perangkat yang masih menggunakan Android versi 2.1/2.2 (Eclair) juga terdampak. Salah satu perangkat yang masih menggunakan Eclair adalah smartphone bikinan Motorola, yaitu Droid.

Untuk mengecek apakah smartphone Android masih menggunakan Eclair, silakan masuk ke menu Setting dan About Phone.

“Jika Anda menggunakan perangkat mobile yang terdampak itu, kami merekomendasikan untuk memperbarui ke Android, iPhone, atau Windows Phone yang lebih baru,” tulis pihak WhatsApp dalam blog resminya beberapa waktu lalu.

Baca: Pemerintah Bisa Lacak Penyebar Hoax di WhatsApp

Sebenarnya, WhatsApp juga sudah akan menghentikan dukungannya untuk beberapa sistem operasi lain, seperti BlackBerry 10, BlackBerry OS, Nokia S40, dan Symbian S60. Untungnya, WhatsApp sudah memutuskan untuk memperpanjang masa dukungan hingga 30 Juni 2017 mendatang.

WhatsApp memulai layanannya pada 2009 silam. Saat itu, sekitar 70 persen perangkat pengguna WhatsApp menjalankan sistem operasi bikinan BlackBerry dan Nokia. Hanya sekitar 25 persen perangkat berbasis Android, Windows Phone, dan iOS yang menjalankan layanan tersebut.

Kini, angka tersebut sudah jauh berbeda. Sebanyak 99,5 persen pengguna WhatsApp datang dari iOS, Android, dan Windows.

WhatsApp sendiri menghentikan dukungan untuk OS yang sudah disebutkan di atas karena ingin berfokus ke platform yang lebih populer.

“Kami ingin mengfokuskan upaya kami kepada platform mobile yang digunakan oleh mayoritas orang,” tutur WhatsApp.¬†

Baca: 10 Fitur Baru WhatsApp yang Dirilis pada 2016

About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar