Jangan Tertipu, Banyak “Aplikasi Palsu” di Mac App Store

Apple nampaknya harus segera melakukan aksi bersih-bersih untuk Mac App Store. Ya, dari beberapa pengecekan sudah sering sekali ditemukan aplikasi palsu alias menggunakan nama dari aplikasi populer dan isinya tidak sesuai harapan. Dikutip dari laman HowToGeek (via MacStories), pengguna perangkat Apple untuk pertama kalinya pasti sering mengalami kebingungan untuk download di Mac App Store

HowToGeek melakukan beberapa percobaan sederhana saja untuk menguji Mac App Store. Yaitu menggunakan kata pencarian Microsoft Excel, Microsoft Word atau Adobe InDesign. Hasilnya? Aplikasi yang harusnya dibuat oleh pengembang Microsoft dan jug Adobe ini tidak tampil (karena memang tidak ada di Mac App Store), namun banyak “aplikasi palsu” mengisi hasil pencarian tersebut.

Sebut saja aplikasi berupa template untuk mengolah dokumen di Excel, Word atau PowerPoint dengan harga $10 hingga $20! Bahkan yang lebih menyebalkan lagi, tidak ada penjelasan secara rinci bahwa aplikasi tersebut hanya berisi template, tidak dapat digunakan jika kamu belum instal aplikasi Office dari Microsoft. Tentunya para pengguna Mac App Store yang sudah terlanjut membeli aplikais ini akan memberkan rating yang rendah serta nada kecewat di kolom komentarnya. Bahkan review ini kebanyakan diberikan oleh para pengguna yang sebelumnya tidak pernah memberikan hal serupa di Mac App Store.

Both of those reviews, by the way, were left by accounts that haven’t reviewed any other apps in the Store.



Mari Lebih Teliti Lagi

Sebagai pengguna Mac App Store, kamu harus lebih teliti saat ingin mencari aplikasi ya. Harap dicatat, tidak semua pengembang aplikasi untuk Mac dapat kamu temukan di Mac App Store. Ini terkait dengan jenis aplikasi yang digunakan, cara distribusi dan metode bisnis yang mereka gunakan serta beberapa hal lainnya. Jika memang tidak ada di Mac App Store – silahkan cari informasi lebih lengkap mengenai aplikasi yang kamu butuhkan pada website resminya. Seperti pada laman Microsoft Office atau Adobe Creative Cloud untuk contoh di atas.

Apakah Apple punya rencana untuk memperbaiki masalah pencarian di Mac App Store dan membersihkannya dari “aplikasi palsu”? Belum ada catatan lebih lanjut mengenai hal tersebut. Apple sementara ini masih berfokus untuk bersih-bersih di App Store karena peraturan baru yang diberikan dan juga beberapa hal lain seperti dukungan ke iOS terbaru.


Gambar






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar