Kalahkan Samsung, Aktivasi Perangkat Apple Paling Banyak di Musim Liburan 2016

Flurry Analytics

Perusahaan elektronik raksasa asal Cupertino, Apple, berhasil meraih peringkat pertama dalam daftar vendor smartphone dengan jumlah aktivasi perangkat paling banyak selama musim liburan 2016 yang baru lalu.

Menurut data yang dikeluarkan Flurry Analytics (via 9to5Mac), jumlah aktivasi perangkat Apple tercatat mencapai 44 persen. Jumlah aktivasi perangkat mereka lebih dari dua kali lipat yang mampu diraih perangkat Samsung.

Untuk tahun ini, jumlah aktivasi perangkat itu Samsung tercatat mengalami sedikit peningkatan. Perusahaan elektronik asal Korea Selatan mencatat satu persen kenaikan ke angka 22 persen.

Judul

Raihan Apple tidak lepas dari penambahan waktu dari 13 minggu menjadi 14 minggu di kuartalnya kali ini sejak kuartal pertama 2012. Penambahan tersebut berkontribusi terhadap meningkatnya penjualan iPhone yang diperkirakan antara 3–6 juta unit.

Berikutnya dalam daftar yang sama, Huawei meraih peringkat ketiga dengan jumlah aktivasi perangkat sebanyak 3 persen. Disusul kemudian ada LG, Amazon, Oppo, Xiaomi, dan Motorola dengan raihan persentase masing-masing 2 persen.



Dalam data tersebut ada vendor smartphone yang absen, yaitu Google. Meski pada awal bulan September lalu sudah meluncurkan dua smartphone barunya, Google Pixel dan Google Pixel XL, nyatanya tidak bisa masuk hitungan Flurry Analytics.

Flurry Analytics juga merilis data mengenai distribusi perangkat baru berdasarkan ukuran faktor bentuknya. Dalam datanya, phablet dengan layar 5–6,9 inci menjadi perangkat yang paling banyak diaktivasi pengguna dan mengkanibali smarphone ukuran sedang.

Di musim liburan lalu, jumlah aktivasi perangkat phablet tercatat mengalami peningkatan besar mencapai 10 persen dibandingkan periode tahun kemarin menjadi 37 persen.





About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar