Kamera Nokia 8 Dapat Nilai Rendah

Jakarta – Nokia 8 punya sistem kamera yang sangat mirip dengan Mate 10 Pro. Sayangnya ketika diuji DxOmark, hasil keduanya terpaut jauh.

Seperti diketahui Huawei Mate 10 Pro membawa sensor monokrom dan warna. Ketika dites DxOMark, ponsel ini meraih nilai sangat tinggi, yakni 97. Skor ini membuat Mate 10 Po berada di posisi kedua di bawah Pixel 2.

Sayangnya meski membawa racikan yang sama, ditambah pemakaian lensa Zeiss, semua itu tidak membuat Nokia 8 mendapat nilai tinggi. DxOMark hanya memberikan skor 68. Nilai yang diterima ini tergolong sangat rendah, terutama bila dibandingkan dengan flasgship lain di tahun 2017.

Menurut penguji, Nokia 8 dapat menghasilkan gambar dengan eksposur yang baik, dengan keseimbangan white balance seperti umumnya. Tetapi terkadang saturasi kurang cukup sehingga kita akan mendapati color shading.

Dynamic range dinilai bagus ketika Auto HDR diaktifkan. Sayangnya fitur ini terkadang tidak aktif, padahal situasi pengambilan gambar punya kontras tinggi.

Kamera Nokia 8 Dapat Nilai RendahFoto: DxOMark

Ketika dinilai tekstur dan noise, Nokia 8 tertinggal dari ponsel lainnya. Kerap didapati noise yang begitu jelas pada warna polos di area terang. Detailnya pun cukup rendah, malah lebih banyak kabur. Jadi tidak mengherankan bila detail semakin berkurang saat berada di dalam ruangan atau dalam suasana di dalam ruangan.

Untuk autofocus sendiri cukup akurat dalam berbagai kondisi, namun melambat dalam cahaya rendah. Sementara saat zoom, karena tidak memiliki lensa tele khusus, Nokia 8 tidak dapat bersaing dengan perangkat yang punya memiliki spesifikasi tersebut.

Saat digunakan merekam video, kekurangan Nokia 8 terletak pada autofocus dan stabilisasi. Selain itu video memiliki rentang dinamis yang sempit, serta eksposur yang tidak stabil.

Tingkat detailnya pun rendah. Namun di sisi lain rendering warna baik dalam kondisi cahaya terang maupun dalam pencahayaan dalam ruangan. (afr/fyk)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply