Kamera Ponsel yang Cocok untuk Selfie – Dunia Oppo

KOMPAS.com – Foto selfie seakan sudah lumrah untuk dilakukan oleh siapapun. Tidak mengenal umur ataupun status sosial, foto selfie seakan menjadi ajang bagi siapa saja untuk menjaga eksistensinya di dunia virtual. Namun, perlu diperhatikan juga kamera ponsel yang tentunya cukup menunjang.

Teknologi smartphone yang kini terus mengalami perkembangan tentunya mempengaruhi kualitas kamera ponsel tersebut. Kamera ponsel yang kini semakin beragam dengan terus bertumbuhnya pasar smartphone di tanah air memberikan pilihan bagi para pengguna yang menyukai selfie ataupun fotografi ponsel.

Sebelumnya kualitas kamera ponsel cukuplah sederhana dan memiliki kualitas yang begitu rendah untuk menghasilkan sebuah foto. Seperti jenis kamera ponsel beresolusi CIF, VGA ataupun 1,3 megapiksel tentu jauh sekali bila dibandingkan dengan saat ini. Kini, beberapa vendor smartphone telah mengeluarkan berbagai kualitas kamera ponsel yang cukup bisa diandalkan ketika ingin mengabadikan momen berharga Anda.

Bahkan, kini beberapa kamera ponsel telah menghasilkan foto yang tidak kalah dengan hasil kamera DSLR ataupun Mirrorless. Seperti yang diketahui saat ini sudah ada kamera ponsel yang memiliki resolusi 16 megapiksel. Tentu hal tersebut merupakan perkembangan yang cukup baik bagi pertumbuhan fotografi ponsel.

Hal ini tentunya juga mempengaruhi kualitas kamera ponsel untuk menunjang foto selfie. Dalam urusan kamera selfie, kini berbagai vendor smartphone telah melengkapi berbagai produknya dengan kamera depan yang berkualitas. Bahkan kualitas kamera depannya bisa memiliki hasil yang tidak jauh berbeda dengan kamera utama pada ponsel tersebut.

Biasanya para vendor menyediakan kamera depan dengan kualitas beragam, ada yang 3 megapiksel hingga 8 megapiksel. Bahkan ada salah satu produsen smartphone asal Negeri Tirai Bambu yang memiliki kamera selfie dengan kamera utamanya dengan yang sejajar, yaitu Oppo N3. Hal ini disebabkan adanya teknologi rotate camera pada N3 sehingga kamera 16 megapiksel bisa dijadikan sebagai kamera belakang ataupun depan.

Namun, jika Anda ingin memiliki kamera ponsel yang memiliki spesifikasi berbeda namun tetap didukung dengan kualitas tinggi maka bisa memilih produk Oppo R5 dan R7. Keduanya sama-sama memiliki kamera ponsel beresolusi 13 megapiksel untuk kamera utama dan 8 megapiksel untuk penunjang Anda berfoto selfie. Dengan adanya teknologi tersebut tentu saja cukup membantu dalam menghasilkan foto selfie berkualitas.  

Seperti salah satu public figur yang saat ini sedang sibuk dengan berbagai aktivitas hosting-nya, yaitu Robby Purba. Ia mengatakan saat diwawancari oleh Kompas.com beberapa waktu lalu, dirinya sering melakukan selfie dikala sedang berkumpul bersama dengan  teman-temannya. Robby merupakan salah seorang yang juga menggunakan ketiga ponsel dengan kemapuan fotografi yang cukup bagus, yaitu Oppo N3, R5 dan R7.

 “Ketika sedang berkumpul bersama teman-teman sering sekali melakukan foto selfie dengan menggunakan ponsel R7 yang saya gunakan. Karena ponsel R7 memang memiliki resolusi kamera depan yang cukup tinggi yaitu 8 megapiksel. Jadi sudah pasti hasil gambarnya cukup tajam. Selain itu, kamera ponsel R7 ini memang memiliki karakter lensa wide sehingga lebih lebar sudut pandangnya,“ ucap Robby.

Ia juga menambahkan, karena itulah dari ketiga smartphone Oppo yang sering digunakannya yaitu N3, R5 dan R7 namun dirinya lebih memilih Oppo R7 dalam urusan fotografi. Karena smartphone R7 cocok digunakan ketika dirinya ingin mengambil foto dengan sudut lebih lebar, seperti foto landscape ataupun selfie.  

Robby juga menyarankan jika ingin melakukan selfie dengan kamera ponsel R7 bisa gunakan fitur beautify. Karena dengan menggunakan fitur ini akan memberikan pilihan mood warna lebih beragam, seperti original, natural, memory, tokyo, valencia, expert, desert, rainbow, hingga mono. Tentunya ke semua mood yang ada di fitur beautify memiliki karakter yang berbeda.

“Sebenarnya tidak jauh berbeda kualitas kamera depan R5 dan R7. Hanya saja keunggulan lain dari kamera ponsel R7 terintegrasi teknologi flash shot 0,1 detik. Sehingga teknologi tersebut akan membantu Anda untuk menangkap objek yang bergerak cepat,“ ucapnya.

Dengan demikian, Anda bisa memilih ponsel yang cocok untuk selfie. Jangan hanya ada mementingkan pose Anda ketika selfie. Tapi bisa juga memperhatikan kualitas kamera ponsel sehingga bisa menghasilkan gambar yang berkualitas serta semakin banyak yang like foto Anda di sosial media. 

(Malik Afrian)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply