Kecerdasan Buatan Nvidia Edit Foto Secanggih Photoshop

Jakarta – Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) sudah jamak dimiliki oleh perusahaan teknologi, tak terkecuali pembuat kartu gratfis, Nvidia. AI perusahaan ini terungkap memiliki kemampuan ala Photoshop.

Fitur AI yang disebut FastPhotoStyle bisa memanipulasi konten dalam foto yang digabungkan dengan foto lainnya. Hasilnya, gabungan foto tersebut memiliki dua efek konten yang disatukan.

Meski telah ada metode serupa AI Nvidia, namun prosesnya membutuhkan beberapa menit untuk foto beresolusi rendah. AI Nvidia diklaim bisa memproses 60 kali lebih cepat.

Mekanisme yang digunakan Nvidia adalah dengan memisahkan tugas menjadi dua langkah berbeda. Selama proses manipulasi, konten dari suatu foto dipindahkan ke foto lainnya.

Kemudian tahap selanjutnya adalah melakukan pemolesan hasil penggabungan agar foto terlihat lebih realistis.

Algoritma FastPhotoStyle dikebangkan oleh tim peneliti Nvidia dengan University of California. Metode manipulasi foto ini tertuang dalam sebuah jurnal yang dipublikasikan bulan lalu berjudul “A Closed-form Solution to Photorealistic Image Stylization”.

“Untuk menghasilkan foto yang realistis, konten dalam foto harus memiliki kesamaan. Sedangkan untuk hasilnya akan menyerupai foto referensi. Selain itu hasilnya akan terlihat seperti asli yang diambil dengan kamera,” ungkap jurnal tersebut, dikutip detikINET dari Petapixel, Jumat (23/3/2018). (fyk/fyk)


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply