Kejar Mengejar Kabel Vs Wi-Fi

Ada banyak hal yang penting dan perlu diperhatikan pada jaringan Wi-Fi dan masalah kecepatan adalah salah satu masalah utama yang dihadapi. Dengan ambisi menggantikan jaringan kabel yang tidak fleksibel, jaringan Wi-Fi berusaha mendapatkan merebut dan menghilangkan jaringan kabel dengan jaringan wireless namun apakah hal tersebut bisa dilakukan?

Dimulai pada tahun 1995 dimana jaringan kabel ethernet telah mencapai kecepatan 100 Mbps, jaringan Wi-Fi muncul setelahnya yaitu pada tahun 1997 melalui spesifikasi 802.11 yang hanya memiliki kecepatan sebesar 2 Mbps. Apa ?? Bagaimana mungkin perbedaan itu bisa menggantikan jaringan kabel? Tentu tidak! Kecepatan Wi-Fi yang hanya 1/50 dari kecepatan jaringan kabel tentu tidak bisa diterima!

Pada tahun 1999, dikeluarkanlah spesifikasi Wi-Fi 802.11b yang memiliki kecepatan sampai 11 Mbps. Lumayan namun kecepatan ini masih sekitar 1/10 dari kecepatan jaringan kabel namun pada tahun yang sama, kecepatan W-Fi melalui spesifikasi 802.11a sudah mampu mencapai kecepatan 54 Mbps. Aha… sekarang kecepatan Wi-Fi hanya 1/2 dari jaringan kabel. Lumayan namun…..

Pada tahun 1999, jaringan kabel melalui spesifikasi yang lebih baru mampu mendapatkan kecepatan sampai 1 Gbps dan kini, jaringan Wi-Fi tampak seperti siput kembali.

Pada tahun 2003, jaringan Wi-Fi mendapatkan spesifikasi baru lagi yaitu 802.11g yang walaupun masih dengan kecepatan 54 Mbps, namun kini ia lebih mudah diadopsi oleh pasar karena kompatible dengan 802.11b.

Pada tahun 2003, jaringan kabel kembali mendapatkan upgrade dengan spesifikasi baru yang memungkinkan jaringan kabel mendapatkan kecepatan sampai dengan 10 Gbps sementara itu, Wi- Fi masih berkutat pada kecepatan 54 Mbps yang artinya hanya sekitar 1/200 kecepatan dibandingkan dengan jaringan kabel. Menyedihkan…

Para engineer terus bekerja untuk mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi dan pada tahun 2009 dikeluarkan spesifikasi baru yang memungkinkan Wi-Fi untuk bekerja pada kecepatan 600 Mbps melalui spesifikasi 802.11n. Walaupun masih kalah jauh dibandingkan dengan jaringan kabel atau sekitar 1/20 kali kecepatannya, peningkatan kecepatan ini sudah termasuk sangat signifikan.

Peningkatan kecepatan Wi-Fi tidak berhenti naman terus berlanjut demi mengejar kecepatan yang semakin tinggi dan tinggi. Pada tahun 2014, dikeluarkan spesifikasi 802.11ac yang secara teori mampu memberikan kcepatan sampai dengan 7 Gbps. Kecepatan yang hanya sekitar 1/3 dari kecepatan kabel ini tentu membuat ketertinggalan Wi-Fi menjadi semakin dekat dengan jaringan kabel. Walaupun demikian, perlu diketahui bahwa sampai detik ini, saat buku ini ditulis, belum ada peralatan dengan spesifikasi 802.11ac yang mampu memberikan kecepatan sampai dengan 7 Gbps.

Sampai kapan perlombaan ini berakhir?

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply