Kemenkominfo: Apple Seharusnya Sudah Bisa Jualan iPhone 7 di Indonesia

iPhone 7

Terhitung ada 13 produk baru Apple, termasuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, dipastikan masuk ke pasar Indonesia dalam waktu yang tidak lama lagi menyusul Apple sudah mengantongi sertifikasi TKDN buat perangkat 4G beberapa waktu lalu.

Dalam keterangannya seperti dikutip ArenaLTE, Kepala Sub Direktorat Postel Kemkominfo, Rudi Hendarwin, mengatakan bahwa Apple seharusnya sudah bisa menjual produk-produk barunya di pasaran Tanah Air.

“Sekarang sertifikasi sudah keluar, hanya tinggal dari pihak Applenya saja. Produknya juga bisa dicek di website postel dan mereka bisa langsung berjualan seharusnya, karena sertifikasi sudah keluar.

Hanya saja, yang menjadi kendala adalah soal waktu. Hendarwin mengatakan investasi tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar meskipun Apple sudah lolos dalam uji sertikasi TKDN buat perangkat 4G.

Kominfo dan Kemenperindag pun direncanakan bakal melakukan monitoring evaluasi per tiga bulan. Hal itu dilakukan untuk melihat sejauh mana keseriusan Apple dalam berinvestasi mengingat sertifikasi yang disebutkan berlaku satu tahun hingga tanggal 20 Juli 2017.



Hendarwin memperingatkan, jika pihak Apple tidak jadi membangun R&D, berarti perusahaan bermarkas besar di Cupertino ini tidak berkomitmen. Maka pemerintah Indonesia bukan tidak mungkin disebutkan bakal kembali menarik sertifikasi TKDN buat perangkat 4G.

Apple sendiri memilih jalur investasi sebesar 30 persen untuk memenuhi TKDN dengan membangun pusat riset dan pengembangan (R&D) teknologinya di Indonesia. Nilai investasi ini naik 10 persen dari sebelumnya 20 persen di tahun 2015. Menurut rencana mereka bakal membangun pusat R&D di Jakarta tahun depan.

Hendarwin pun berharap Apple tidak hanya bakal membangun pusat R&D, tapi juga pabrik perakitan iPhone di Indonesia. Karena, itu bakal lebih memudahkan perhitungan dan tidak memerlukan evaluasi rutin lagi.






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar