Kenalkan Kuri, Si Robot Gemes dari Jerman

Las Vegas – Bertubuh mungil dan agak bulat, mata berkedip-kedip dan bisa merespons setiap ucapan, membuat Kuri terlihat menggemaskan. Ini adalah robot yang bisa menjadi teman yang menghibur di rumah.

Adalah Mayfield Robotics, startup robotik yang didanai produsen Jerman Bosch, mengembangkan robot rumah yang imut ini. Kuri mengadopsi sistem yang hampir mirip dengan Amazon Echo yakni bisa merespons perintah suara. Terdapat roda di bagian bawah tubuhnya yang memungkinkan Kuri berjalan-jalan mengikuti Anda di dalam rumah.

Sekilas, wujud Kuri mengingatkan pada Baymax, robot kesehatan bertubuh gempal di film animasi Disney Big Hero 6. Bedanya, Kuri berukuran lebih mungil dan ramping. Tingginya sekitar 60 cm dan tidak terlalu bulat.

Di balik penampilannya yang menggemaskan, Kuri dibekali teknologi canggih. VP Software Mayfield Robotics Ben Kearns ditemui menyebutkan, Kuri sudah mengusung teknologi terbaru di bidang smartphone, gaming dan robotika.

“Kuri dilengkapi kamera beresolusi 1080p dan kemampuan untuk memainkan audio. Kita juga bisa meminta Kuri menyetel musik atau membacakan cerita. Matanya bisa berkedip-kedip dan dia juga bisa mengangguk serta menggeleng-gelengkan kepala. Lucu kan?,” kata Ben di salah satu sesi rangkaian acara Consumer Electronics Show (CES) 2017 di Las Vegas, Rabu (4/1/2017).

Kuri mendengarkan melalui empat microphone built in yang terpasang di tubuhnya. Microphone ini memungkinkan Kuri bisa mendengar suara di mana pun kita berada di dalam rumah. Kuri juga dilengkapi speaker built in untuk mengeluarkan suara.

Sayangnya, Kuri tidak bisa merespons dengan kata-kata. Sebagai gantinya, Kuri akan mengeluarkan suara khas robot, cahaya dan gerakan mata untuk merespons balik lawan bicaranya.

Ditambahkan Ben, Kuri juga memiliki sejumlah sensor yang mencegahnya menabrak benda-benda atau terjatuh ketika sedang berjalan. Selain bisa dikendalikan melalui perintah suara, kita juga bisa mengontrol Kuri melalui aplikasi di Android dan iOS.

Kenalkan Kuri, Si Robot Gemes dari JermanFoto: istimewa

Dr Werner Struth, Member of the Board of Management Robert Bosch GmbH yang dalam konferensi pers memperkenalkan sederet perangkat Internet of Things (IoT) yang dikembangkan Bosch mengatakan, Kuri hanya salah satu contoh yang memperlihatkan bagaimana IoT menjadi sangat personal.

“Kita lihat bagaimana konektivitas membuat sesuatu menjadi seolah teman bahkan asisten kita. Kami melihat ada potensi besar di sini. Pada akhirnya, konektivitas mentransformasi keseharian kita,” ujarnya.

Hal itu karena pertama, konektivitas bisa mempersonalisasi sebuah solusi bahkan lebih dari itu. Kedua, konektivitas bisa meningkatkan fungsi produk yang sudah ada dengan memungkinkan mengerjakan tugas tambahan. Ketiga, inovasi didesain secara spesifik untuk berinteraksi dengan penggunanya.

Struth mengatakan, hampir setiap orang menginginkan asisten personal yang bisa membuat hidup lebih mudah dan nyaman, serta bisa menghemat waktu. Hal ini setidaknya terlihat dalam sebuah hasil studi yang dilakukan Bosch.

“Lebih dari 60% responden ingin punya teknologi pintar yang bisa menemani mereka setiap hari. Merespons hal ini, kami ingin bisa memenuhi keseharian konsumen dengan berbagai layanan dan solusi yang terkoneksi,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, konektivitas lebih dari sekadar teknologi, melainkan telah menjadi bagian dari keseharian manusia modern. Jadi Bosch berkomitmen untuk mengintegrasikannya di banyak produk, termasuk salah satunya Kuri.

Kuri rencananya akan dijual pada pertengahan 2017 dan dibanderol seharga USD 699 atau sekitar Rp 9,4 juta.

Kenalkan Kuri, Si Robot Gemes dari JermanFoto: istimewa

(rns/yud)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar