Kesan Pertama Menggenggam “Mirrorless” EOS M5

KOMPAS.com – PT Datascrip selaku distributor produk-produk Canon di Indonesia meresmikan kehadiran kamera mirrorless terbaru Canon EOS M5, lewat acara peluncuran di Gili Trawangan, Lombok, Kamis (1/12/2016) lalu.

Kamera yang pertama kali diperkenalkan pada September lalu ini mewakili upaya Canon membidik segmen kamera mirrorless kelas menengah. Berbeda dari para pendahulunya, EOS M10 dan EOS M3, EOS M5 ditujukan bagi fotografer berpengalaman.

Karena itu, fitur-fitur EOS M5 pun terkesan lebih “serius”. Kamera tersebut antara lain dilengkapi dengan electronic viewfinder terintegrasi yang ditempatkan di “punuk” atau bagian tengah bodi, sehingga penampilannya mirip dengan kamera DSLR pada umumnya.

Jeroan EOS M5 turut diperbarui dengan membenamkan aneka komponen yang mirip dengan DSLR EOS 80D, termasuk prosesor gambar terbaru Digic 7, sensor APS-C 24 megapiksel, dan teknologi autofokus Dual-Pixal AF.

Canon turut mempertahankan fitur layar sentuh tilting LCD 3,2 inci yang bisa ditekuk 180 derajat ke arah depan sehingga menghadap pengguna, selain ke atas dan bawah untuk pemotretan high/low angle.

Secara keseluruhan, rupa EOS M5 tampak sedikit berbeda dibandingkan kamera mirrorless Canon selama ini. Seperti apa? Simak penelusuran singkat KompasTekno dalam rangkaian foto berikut.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Dari depan, EOS M5 tampak mirip denga kamera DSLR karena memiliki punuk berisi electronic viewfinder sekaligus flash, berikut handgrip yang menonjol. EOS M3 dan M10 sebelumnya menganut faktor bentuk rangefinder-stye berupa kotak persegi yang rata di bagian atas. Bodi EOS M5 terbuat dari logam magnesium alloy sehinga terasa solid dan kokoh dalam genggalan.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Bagian belakang EOS M5 tampak mirip dengan EOS M3. Namun, terdapat beberapa tombol yang fungsinya ditukar, seperti tombol record yang kini terletak di kanan atas tombol D-pad. Letak tombol exposure lock, playback, info, dan AF point selection juga dipindah. Electronic Viewfinder pada kamera ini memiliki resolusi 2,36 megapiksel dengan frame coverage sebesar 100 persen.

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Perubahan yang kentara terlihat di sisi top plate EOS M5 (foto kiri). Selain dial exposure compensation dan front dial yang mengelilingi tombol shutter, kamera ini kini dibekali mode dial dengan pengunci di bagian tengah. Ada juga sebuah command dial kedua yang fungsinya bisa diubah dengan menekan tombol Dial Funct. Sisi bawah memuat kompartemen baterai sekaligus memory card (SD).

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Layar sentuh LCD 3,2 inci pada EOS M5 bisa ditekuk menghadap ke arah depan dari sisi bawah (foto kiri). Posisi ini mempermudah pengguna dalam merekam foto atau video selfie, tapi agak sulit dipakai saat kamera terpasang di tripod. Engsel layar juga bisa ditekuk ke arah atas dan bawan (tilting).

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Cover karet di sisi kanan (foto kiri) menyembunyikan konektor HDMI. Di bawahnya terdapat tombol Wi-Fi untuk menyambungkan kamera ke gadget mobile. Di sisi kiri, EOS M5 menyediakan konektor data micro-USB dan input untuk mikrofon.

About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar