Ketika Layar Ponsel Jadi Pembuktian Kualitas Batu Akik

Jakarta – Anda penyuka batu akik? Kalau iya, kabar yang satu ini pasti bikin penasaran. Jadi selain menggunakan cahaya dari senter, katanya mengecek kualitas batu akik juga bisa menggunakan layar sentuh ponsel.

Menurut sejumah pecintanya, jenis-jenis tertentu batu akik diyakini ada yang bisa menyimpan energi. Hal tersebut lantas dibuktikan menggunakan layar sentuh ponsel, caranya adalah dengan mengeser tampilan layar ponsel menggunakan batu akik.

Cara ini sebenarnya memfungsikan batu akik untuk menggantikan permukaan kulit jari yang biasa kita gunakan untuk mengoperasikan ponsel layar sentuh. Kedengarannya memang sederhana, tapi siapa sangka ternyata ada sejumlah batu akik yang gagal lolos ‘pengujian’ ini.

Sebagai pembuktian, detikINET menjajal sendiri metode pengujian ini. Namun karena pilihan yang terbatas, pengujian hanya mengikutsertakan batu akik jenis Giok dan Bacan. Seperti diketahui kedua jenis batu akik adalah yang termasuk cukup banyak penggemarnya.

Meski berada di jajaran kelas atas batu akik, ternyata giok tak mampu melampaui pengujian. Layar cenderung tertahan ketika coba digeser-geser menggunakan batu akik yang katanya berasal dari China ini.

Berkebalikan dengan batu akik jenis bacan, ketika digeser-geser dengan batu hias asli Indonesia ini, tampilan layar ponsel mampu berpindah-pindah dengan mulus, seakan digeser-geser dengan jari. Tak cuma itu, batu akik bacan ternyata juga bisa digunakan untuk memilih aplikasi.

Sejauh ini belum ada penjelasan ilmiah dari peneliti soal hal ini, namun sepertinya beberapa jenis batu akik memang punya kemampuan konduktif seperti kulit manusia. Artinya, seperti kulit manusia ada jenis batu akik yang bisa dilalui oleh tegangan listrik sangat rendah.

Hal itulah yang memungkinkan beberapa jenis batu akik tersebut bisa dipakai untuk mengoperasikan layar ponsel. Apakah mujarab untuk membuktikan sebuah batu akik berkualitas atau tidak? Tentu masih bisa menjadi perdebatan.


(fyk/fyk)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply