Kirobo Mini, Robot Bayi dari Toyota

Kirobo Mini, Robot Bayi dari ToyotaFoto: Reuters
Jakarta – Perusahaan otomotif Toyota meluncurkan sebuah robot mini bernama Kirobo Mini. Robot yang menyerupai bayi itu ditujukan untuk membangkitkan keinginan warga Jepang untuk memiliki anak.

Dikutip detikINET dari Reuters, Senin (3/10/2016), angka kelahiran di Jepang belakangan rendah, banyak wanita tak memiliki anak. Maka semakin banyak penduduk berusia tua. Kirobo Mini diharapkan membangkitkan naluri ibu untuk memiliki anak yang sesungguhnya. Juga menemani mereka yang kesepian.

“Robot ini seperti bayi yang belum bisa sepenuhnya menyeimbangkan dirinya. Kelemahannya tersebut adalah untuk memunculkan koneksi emosional,” kata Fuminori Kataoka, Chief Design Engineer Kirobo Mini.

Si robot yang hanya berukuran 10 cm dapat mengedipkan matanya, berbicara seperti bayi dan bisa merespons pemiliknya. Rencananya, Kirobo Mini akan dijual secara massal di Jepang tahun depan dengan banderol USD 392.

Untuk diketahui, sekitar seperempat populasi Jepang saat ini berusia lebih dari 65 tahun. Dan menurut statistik pemerintah, satu dari sepuluh wanita di sana tidak pernah menikah.

Di sisi lain, hal itu juga membuat peran robot di Negeri Sakura itu semakin besar. Menurut data International Federations of Robots, ada 314 mesin dikaryakan di Jepang per 100 ribu pegawai.

[embedded content]
(fyk/yud)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar