Kisah Anak Muda Pemberani Dermawan Bakri

Kisah Anak Muda Pemberani Dermawan Bakri Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II
Solo – Gerakan perubahan kerap diawali dari sebuah keresahan. Ini telah dibuktikan Dermawan Bakri saat membongkar kasus korupsi di sekolahnya delapan tahun silam.

Kala itu, ia menjabat sebagai Ketua OSIS di SMA Negeri 3 Surakarta. Dikepimpinannya, OSIS kerap mengadakan berbagai kegiatan. Hanya saja dana kegiatan yang telah dianggarkan kerap disunat oleh pihak sekolah.

Timbul keresahaan dalam dirinya. Ia tidak ingin hal itu terus terjadi. Tidak hanya pada angkatannya, tapi generasi selanjutnya.

“Saya resah, kalo didiamkan akan berputar dengan diri kita sendiri,” kata Dermawan saat berbagi pengalamannya dalam sesi forum group discussion di d’Youthizen, Hotel Solo Paragon, Minggu (27/11/2016).

Dermawan kemudian membuat sebuah gerakan untuk mengungkap praktik korupsi yang dilakukan pihak sekolahnya.

“Saya mengumpulkan teman yang dapat dipercaya dan media untuk membongkar praktik kecurangan pengelolaan dana,” katanya.

Kisah Anak Muda Pemberani Dermawan Bakri Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II

Akhirnya kasus tersebut berhasil terungkap. Sejumlah pihak yang bertanggung jawab dikenakan sanksi, mulai dipindahttugaskan hingga dicopot dari jabatan.

Namun adanya kasus ini, memberikan banyak hikmah bagi diri Dermawan sendiri, baik di kehidupan pribadi maupun saat menjalankan bisnisnya. Ia mengaku makin kritis bila melihat penyimpangan yang terjadi di sekitarnya, terutama soal korupsi.

“Hidup itu bukan bagaimana kita kaya. Tapi berkelanjutan dan mendapat sukses sejati,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Dermawan juga mengajak peserta d’Youthizen untuk melakukan perubahan. Tidak perlu besar, tapi cukup memberikan pengaruh di sekitar.

“Tidak perlu memikirkan Jakarta, lebih baik memikirkan sekitar kita,” ajaknya. “Sekarang enak ada media sosial dan detikcom yang akan membantu gerakan perubahan kita. Dulu cukup sulit, jadi beruntunglah generasi muda saat ini,” pungkasnya.
(afr/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar