Kisah Prototipe iPhone Pertama yang Sempat Hilang

Jakarta – Tony Fadell, mantan Senior VP divisi iPod di Apple mengingat-ingat kisahnya saat sempat menghilangkan prototipe iPhone pertama, terutama saat ini, setelah iPhone kemudian menjadi salah satu perangkat teknologi paling sukses sepanjang sejarah.

Prototipe iPhone yang ia kantongi mendadak hilang saat ia turun dari sebuah pesawat, yang ia duga terjatuh dari kantongnya. “Keringat saya mengucur deras, membayangkan bermacam skenario yang mungkin terjadi setelahnya,” ujar Fadell.

Wajar saja jika ia takut, Steve Jobs saat itu pernah bilang kalau iPhone itu adalah hal yang sangat rahasia. Jobs akan memecat siapa pun yang membocorkan soal iPhone ini ke orang di luar Apple.

Fadell mengenang, bagaimana ia akan menjelaskan hilangnya protipe iPhone tersebut ke Jobs. Namun berbagai skenario yang ia pikiran disebutnya tak ada yang mempunyai akhir yang bagus, demikian dikutip detikINET dari BBC, Senin (9/1/2017).

Untungnya cikal bakal iPhone itu akhirnya ditemukan, setelah ia mencari bala bantuan untuk mencari. Ternyata prototipe itu jatuh dari kantongnya dan terselip di antara kursi pesawat. Uniknya, orang-orang yang membantunya mencari perangkat tersebut ternyata tak mengetahui barang apa yang mereka cari itu.

Namun beberapa bulan kemudian, tepatnya pada 9 Januari 2007 saat Jobs meluncurkan iPhone di MacWorld, tentu orang-orang itu akan menyadari kalau barang yang mereka cari itu adalah sebuah iPhone.

Tony Fadell dijuluki sebagai ‘bapak iPod, yang merupakan salah satu orang penting di Apple. Ia salah satu tim engineering pengembang iPod. Fadell bergabung di divisi iPod sejak 2001. Ia lalu dipromosikan menjadi pimpinan divisi tersebut pada 2006, sampai akhirnya meninggalkan Apple pada 2010.

Bagi Fadell, hari ini sebenarnya usia iPhone sudah menginjak 12,5 tahun, bukan 10 tahun. Karena menurutnya, kelahiran iPhone terjadi saat ia mencetuskan ide bahwa iPod sebenarnya sebuah perangkat yang masih bisa dikembangkan lebih jauh, saat itu iPod sudah bisa memutar video, bahkan bermain game.

“Tunggu sebentar, jaringan data (seluler) akan segera datang. Kami harus melihat ini sebagai platform yang bisa digunakan untuk bermacam hal general,” pungkas Fadell.

Kehadiran iPhone kelak langsung mengubah peta industri ponsel dunia. Melahirkan sebuah ekosistem digital yang mengintegrasikan hardware, software dan layanan.

Selain itu tidak dipungkiri iPhone telah mengubah cara orang berkomunikasi. Tidak sekadar panggilan telepon dan SMS, bahkan lebih dari itu, dan hal itu masih berlanjut hingga saat ini. (asj/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar