Kominfo-Facebook Bahas Hoax Lewat Video Conference

Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan pertemuan dengan pihak Facebook belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Sebagai gantinya akan dilakukan video conference untuk membahas masalah isu hoax.

Sedianya pihak Facebook Asia Pasifik akan melakukan pertemuan dengan Menkominfo pada akhir Januari ini. Namun pembahasan soal isu hoax itu dijadwal ulang menjadi 6 Februari mendatang.

“Sebenarnya dia mau datang tanggal 7 Februari, tapi kami ada acara di Papua dan Ambon. Jadi mereka lakukan video conference tanggal 6 Februari dan datang pada 13 Februari,” kata Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan kepada detikINET, Rabu (1/2/2017).

Menurutnya, bukan hanya perwakilan Facebook saja yang akan datang membahas masalah hoax dengan Kominfo. Twitter pun, kata dia, dijadwalkan akan melakukan pertemuan serupa dengan Menkominfo Rudiantara.

“Mereka memang ada perwakilannya di Indonesia. Tapi yang dijadwalkan bertemu dari Australia,” ungkap pria yang kerap disapa Sammy ini.

Seperti diketahui Kominfo terus berupaya menjegal laju penyebaran hoax atau berita bohong di dunia maya. Salah satu langkahnya adalah dengan berkoordinasi dengan penyedia layanan media sosial.

Pihak Kominfo telah menghubungi pihak Facebook, Twitter, Google dan lainnya untuk diajak membahas penyebaran hoax di layanan mereka.

(afr/yud)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar