Kominfo Ingin Dana USO Meningkat Dua Kali Lipat

Kominfo Ingin Dana USO Meningkat Dua Kali LipatFoto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta – Sejumlah rencana 2017 telah dibeberkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Salah satu keinginannya membuat dana Universal Service Obligation (USO) meningkat dua kali lipat.

Hal tersebut disampaikan langsung Menkominfo kala berbicara di acara Indonesia Economy and ICT Outlook 2017 yang diselenggarakan oleh Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) di Hotel Borobudur, Jakarta.

Ia mengatakan dirinya telah berbicara dengan Menteri Keuangan untuk melakukan relokasi dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Tujuannya agar dana USO jadi lebih besar dari sebelumnya.

“Bukan lagi hitungan 1,25%. Tapi jika dinaikkan menjadi 2,5 – 3% tanpa Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensinya turun, yang jerit operator,” kata pria yang kerap disapa Chief RA ini.

Karena itu Menkominfo masih terus membahasnya. Harapannya dapat mengikuti pertumbuhan industri dan diikuti relokasi di dalamnya.

Sekarang ini, kata Rudiantara, pemerintah tidak mempercayai sektor ICT melakukan relokasi. Sebab dana USO banyak yang bermasalah, mulai hukum, dibintangi DPR hingga tidak dibayar lantaran tidak dibintangi oleh Kementerian Keuangan. Oleh sebab itu Menkominfo akan membenahi dari sisi governance.

“Jika governance bagus, seperti Palapa Ring, sehingga timbul kepercayaan dari pemerintah untuk melakukan relokasi. Jadi USO kita akan jauh lebih besar dari sekarang,” ungkap pria berkacamata ini.

“Bila mana dana USO yang didapat nantinya melebihi dari sekarang, kita akan gunakan untuk membangun lebih banyak daerah yang tidak visible secara keuangan atau bisnis oleh operator,” tandasnya.
(afr/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar