Kostum Lego Dipakai Mengendalikan Robot

Danny Benedettelli Robot Cyclops buatan Danny Benedettelli bisa dikendalikan memakai eksoskeleton

Balok-balok Lego memang bukan mainan biasa. Di tangan orang yang penuh imajinasi dan tekun, balok warna-warni itu bisa menjelma kostum futuristik untuk mengendalikan robot.

Adalah Danny Benedettelli, seorang desainer freelance Lego yang menciptakan eksoskeleton untuk mengendalikan robot. Ekoskeleton yang dimaksud adalah kerangka yang ditempelkan di luar tubuh, layaknya memakai kostum di film fiksi ilmiah saja.

Benedettelli merangkai eksokeleton itu menggunakan papan sirkuit Arduino yang memproses gerakan tubuh penggunanya menjadi perintah untuk robot. Komando dikirim secara telemetri, tanpa kabel dengan koneksi Bluetooth.

Jika pria ini mengangkat tangan kanan, misalnya, maka robot kecil buatannya akan ikut mengangkat tangan kanan.

Dilansir Nextren dari Geek, Senin (3/8/2015), robot humanoid itu sendiri merupakan karya Benedettelli dari proyek tahun 2011 yang dibangun dengan platform Mindstorm NXT milik Lego.

Sebagai improvisasi, dia menyematkan sebuah ponsel Android ke dalam tubuh robot. Tentu saja ini adalah ponsel Android yang sudah dimodifikasi dengan aplikasi tertentu, sehingga membuat robot mampu berjalan, bicara dan mendeteksi wajah.

Robot humanoid dan eksoskeleton pengendalinya masih dalam tahap prototype. Saat ini kemampuannya baru sebatas menggerakkan tangan, bahu serta torso saja.

Namun pria itu berniat mengembangkannya lebih jauh, yaitu membuat robot yang bisa dikendalikan dan berjalan, serta memiliki tangan yang bisa melakukan gerakan menggenggam.

Kamu bisa menonton video eksoskeleton dan robot karya Benedettelli di bawah ini.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=A54CBfRBTYU] <!–

Page:

–>

Penulis: Yoga Hastyadi Widiartanto
Editor: Oik Yusuf

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar