Kulkas Canggih Bisa Apa Sih?

Kulkas Canggih Bisa Apa Sih?Foto: detikINET/ M. Alif Goenawan
Kuala Lumpur – Semakin berkembangnya teknologi jadi membuat latah berbagai perangkat jadi ikut-ikutan pintar. Lihat saja, mulai dari ponsel pintar, TV pintar, mesin cuci pintar, dan tak ketinggalan kulkas pintar.

Nah, khusus untuk kulkas (yang katanya) pintar ini memang seperti apa sih kemampuannya?

Memang, hasil kreasi kulkas pintar dari setiap vendor pasti berbeda satu sama lain. Namun sebagai gambaran kita bisa melihat kemampuan kulkas pintar andalan Samsung yang bernama Family Hub ini.

Dengan status ‘pintar’ yang disandangnya, Family pastinya bisa melakukan segala sesuatu di luar kemampuan kulkas pada umumnya. Selain bisa menyimpan makanan, kulkas canggih ini juga bisa mengorganisir segala kebutuhan rumah tangga dengan mudah.

“Family Hub menghubungkan anggota keluarga dan memudahkan hidup. Dengan Family Hub, fungsi kulkas tak sebatas menyimpan makanan, tapi juga memungkinkan untuk berkomunikasi sesama anggota keluarga. Bahkan bisa mengubah cara belanja kebutuhan konsumen sehari-hari,” papar Jeon Yong Sung, President & CEO South East Asia & Oceania Samsung Electronics di pembukaan Samsung Forum 2016 di KLCC, Malaysia, Senin (1/2/2016).

Kulkas berjenis side by side Samsung ini memang unik. Di bagian depan Anda akan menemukan layar sentuh dengan bentang ukuran 21,5 inch resolusi Full HD. Melalui layar tersebut, Anda bisa memposting, berbagi, dan meng-update kalender serta memo kepada sesama anggota keluarga.

Anda juga bisa menaruh foto dan gambar hasil karya Anak Anda di layar tersebut. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah melalui ponsel.

Yang menarik dari kulkas ini adalah hadirnya tiga kamera yang terletak di bagian dalam. Fungsinya, tentu saja untuk melihat apa saja yang Ada di dalam kulkas.

“Bayangkan Anda sedang berbelanja di pusat perbelanjaan dan ingin memilih bahan makanan tapi lupa dengan apa saja yang ada di dalam kulkas. Dengan Family Hub, Anda bisa mengecek apa saja yang ada di dalam kulkas, di manapun Anda berada melalui ponsel,” imbuh Ken Ding, Head of Product Innovation South East Asia & Oceania Samsung Electronics di kesempatan yang sama.

Tak hanya itu, melalui kamera tadi, Anda juga bisa menentukan produk sesuai dengan tanggal kadaluarsa. Tinggal drop saja pilihan jadwal kadaluarsa, mulai dari satu hari, dua hari, dan seterusnya. Jadi, Anda tak akan kelewat produk yang basi.

Bingung mau masak apa? Melalui jaringan internet yang tersambung dengan kulkas, pengguna diklaim juga bisa dengan mudah mencari berbagai resep makanan yang disediakan hingga membeli barang secara online.

Terakhir yang tak kalah menarik adalah kulkas ini bisa menghibur si empunya dengan konten streaming musik melalui speaker bulit-in atau lewat Bluetooth dan disambungkan dengan perangkat audio.

Canggih bukan? Sayangnya, ketika ditanya apakah kulkas bersistem operasi Tizen ini masuk Indonesia, pihak Samsung menjawab sepertinya tidak akan masuk ke pasar Indonesia. Namun, hal itu bisa saja berubah tergantung dari permintaan pasar yang tinggi.
(mag/ash)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply