Kura-kura Langka Hilang, Dikhawatirkan Pindah ke Pasar Gelap | Tempo Teknologi

Jum’at, 05 Februari 2016 | 08:45 WIB


Kura-kura Langka Hilang, Dikhawatirkan Pindah ke Pasar Gelap

Kura-kura bernama, Bertie, mematahkan rekor 37 tahun sebagai kura-kura tercepat di dunia. Berti melesat dengan kecepatan 0.28 metres per second (0.6 mph), dua kali lebih cepat dari pada kura-kura biasa. Dailymail.co.uk

TEMPO.CO, Perth – Seekor kura-kura jenis Radiata atau Astrochelys radiata ang terancam punah hilang dari kandangnya di Kebun Binatang Perth, Australia. Penjaga kebun binatang percaya hewan tersebut telah dicuri dan berujung dengan dijual di pasar gelap.

“Kamera pengawas sudah terpasang di seluruh penjuru kebun binatang. Kami saat ini sedang menginvestigasi dan menganalisa rekaman CCTV,” kata juru bicara kebun binatang seperti yang dilansir dari BBC, Kamis, 4 Februari 2016.

Kura-kura yang hilang ini memiliki diameter 15 senimeter. Petugas meyakini saat dewasa nanti akan memiliki bentuk tempurung yang khas seperti bintang. Penjaga pertama kali menyadari hilangnya kura-kira berusia 10 tahun ini.

Saat dia tiba untuk bekerja pada Selasa lalu dia mendapat kejutan hilangnya kura-kura itu. Pencurian ini bukan pertama kali pencurian terhadap Kura-kura Radiata. Sebelumnya dua ekor kura-kura telah dicuri dari kandang yang sama pada 2011.

Kura-kura Radiata merupakan fauna asli dari pulau Madagaskar. Di tempat asalnya hewan tersbeut terancam punah karena rusaknya habitat dan akibat perburuan liar.

Maria Finnegan, direktur kebun binatang, mengaku takut kura-kura yang hilang ini dalam bahaya perdagangan ilegal. Sebab cangkangnya yang indah menjadi incaran di pasar gelap. “Kami mohon bagi siapa saja yang memiliki informasi untuk memberitahukannya. Perhatian utama kami untuk kesejahteraan hewan ini.”

AHMAD FAIZ | BBC.CO.UK

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply