Lagu "Presiden Sukarno" Bikinan Mahasiswi Australia Viral di YouTube

KOMPAS.com – Seorang mahasiswi Australia membuat lagu rap yang bercerita tentang kisah hidup Presiden RI pertama, Soekarno. Lagu tersebut diunggah di situs YouTube dan ramai menjadi perbincangan.

Sally Andrews, nama mahasiswi tadi, membuat lagu rap berjudul Presiden Sukarno yang liriknya bercerita tentang biografi Soekarno, dari kecil hingga menjadi proklamator RI.

Lagu tersebut, dikutip KompasTekno dari Australia Plus, Kamis (12/1/2016), tersebut berhasil menjadi juara di National Australia Indonesia Language Awards 2016 kategori Wild Card. Penghargaan diberikan sebagai original performance dalam Bahasa indonesia oleh non-native speaker terbaik.

Menurut Andrews, salah satu pesan dari lagu yang ia buat itu adalah pentingnya edukasi.

“Edukasi adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan yang ditetapkan Soekarno. Membaca dan menulis setiap hari dan malam, belajar untuk memahami masalah secara mendalam,” kata Andrews.

Lagu Presiden Sukarno diunggah di akun YouTube pribadi milik Sally Andrews sejak 14 Juli 2016. Hingga kini, video tersebut sudah ditonton sebanyak 37.000-an kali.

Andrews adalah mahasiswi jurusan hukum tingkat akhir di University of Sydney. Saat ini ia sedang belajar di Universitas Islam Indonesia melalui program Australian Consortium for ‘In-Country’ Indonesian Studies (ACICIS) Business, Law and Society Program.

[embedded content]

About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar