Lapan Jadi Tuan Rumah Forum Antariksa Asia-Pasific | Tempo Teknologi

Jum’at, 27 November 2015 | 07:00 WIB


Lapan Jadi Tuan Rumah Forum Antariksa Asia-Pasific

Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional Dr. Ir. Adi Sadewo Salatun (kanan) bersama Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir As Natio Lasman (depan) dan Deputi Bidang Program Riptek Dr. Teguh Rahardjo (tengah) saat mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR, Jakarta, (06/05). TEMPO/Imam Sukamto

TEMPO.CO, Jakarta – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menjadi tuan rumah forum lembaga antariksa Asia Pasifik di Kuta, Bali, 1-4 Desember 2015. Forum ini nantinya akan¬† membahas teknologi antariksa sebagai solusi memecahkan masalah sosial ekonomi.¬† “Para pemangku kepentingan akan bertukar informasi dan menjajaki kerja sama dalam bidang aktivitas antariksa,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lapan, Jasyanto, Kamis, 26 November 2015.

Jasyanto mengatakan, pada forum tahun ini, lembaga antariksa dunia akan berupaya memberikan solusi terhadap kehidupan sosial ekonomi melalui teknologi antariksa yang inovatif dan sinergi antarlembaga antariksa. “Melalui kerja sama antaranggotanya, forum ini bertujuan untuk menciptakan solusi untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan aktivitas di wilayah tersebut,” katanya.

Forum yang berlangsung di Hotel Discovery Kartika Plaza Kuta itu, lanjut dia, akan dilaksanakan melalui empat sesi grup diskusi yakni mengenai aplikasi antariksa, teknologi antariksa, lingkungan dan pendidikan antariksa. “Sesi plennary pada 3 Desember dijadwalkan dihadiri Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Gubernur Bali serta Kepala Lapan,” ucapnya.

Dalam forum itu, kegiatan edukasi terkait antariksa digelar diantaranya water rocket event atau kompetisi roket air yang diikuti siswa berusia 12 hingga 16 tahun dari sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik

Kompetisi yang diikuti para pemenang kompetisi serupa di masing-masing negara itu dijadwalkan berlangsung pada 29 November nanti di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar.

Selain kompetisi roket air, juga digelar kontes poster yangg merupakan lomba menggambar bagi siswa sekolah dasar di kawasan Asia Pasifik. Poster yang dilombakan merupakan hasil pemenang di tingkat nasional negara masing-masing dan nantinya juara di Bali akan ditentukan berdasarkan voting dari peserta APRSAF.

“Selain itu juga digelar pameran yang berlangsung selama kegiatan konferensi. Pameran ini akan menghadirkan berbagai perkembangan terkini di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi antariksa,” katanya.

ANTARA

About The Author

Profile photo of Tempo

www.tempo.co adalah portal berita online dan offline yang terkenal dengan beritanya yang 'berani' dan menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan dengan investigasi yang terkenal 'tajam'.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar