Lens Explorer, Senjata Baru Snapchat Tampil Unik

Jakarta – Sebuah aplikasi atau layanan akan selalu menyajikan fitur terbaru demi membuat para penggunanya tak pergi ke lain hati. Hal ini juga yang dilakukan Snapchat dengan merilis fitur baru bernama Lens Explorer.

Fitur ini dibuat Snapchat untuk menjadikan jejaring sosialnya lebih komunal, dengan memungkinkan para pengguna bisa mengakses langsung Lensa atau filter buatan para penggemar Snapchat.

Perusahaan yang didirikan oleh Evan Spiegel dan kawan-kawan ini meluncurkan Lens Kit pada tahun 2017. Lens Kit merupakan sebuah alat yang memungkinkan para penggunanya membuat sendiri desain AR untuk dibagikan di jejaring sosial Snapchat.


Sejak fitur ini keluar, sudah banyak pengguna yang membuat desain AR. Dikutip detikINET dari Gizmodo, Rabu (11/7/2018), ada lebih dari 100.000 lensa atau filter unik yang dibuat oleh penggemar Snapchat. Filter-filter unik ini diklaim Snapchat sudah dilihat oleh pengguna lainnya lebih dari 2,5 miliar kali.

Lensa Explorer saat ini baru tersedia di iOS. Untuk menggunakannya, fitur ini akan muncul sebagai sebuah ikon ketika penggunanya mengaktifkan ‘Lens Carousel’ yang ada pada aplikasi Snapchat dengan cara mengetuk dan menahan layar.

 Lensa Explorer. Lensa Explorer. Foto: snap

Fitur Lens Explorer ini memang belum hadir untuk seluruh pengguna Snapchat di seluruh dunia, namun penggemar Snapchat dapat mencari dan mencoba lensa buatan pengguna ini dengan mencari lensa yang diinginkan pada kolom ‘Search’ atau berjelajah pada kategori Community Lens.

Berbagai lensa atau filter Snapchat dapat ditemukan melalui kategori Community Lens ini. Mulai dari filter unik dan cantik, hingga filter yang membuat pengguna terlihat menyeramkan.

Bagi pengguna yang ingin membuat lensa atau filter kreasinya sendiri, pengguna dapat mengunduh aplikasi Lens Studio di komputer. (jsn/rou)


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply