Lewat Suara, Lumba-lumba Bisa Pecahkan Masalah Bersama

Senin, 18 April 2016 | 19:20 WIB


Lewat Suara, Lumba-lumba Bisa Pecahkan Masalah Bersama  

Ikan Lumba-lumba melintas di tengah laut di kawasan Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Malang, Jawa Timur, 30 Oktober 2015. Lumba-lumba tersebut selalu muncul tiap pagi, siang atau sore seakan menghibur wisatawan yang tengah menikmati keindahan panorama alam di pantai Kondang Merak. TEMPO/Amston Probel

TEMPO.COJakarta – Penelitian Lembaga Riset Dolphins Plus di Florida dan University of Southern Mississippi menunjukkan lumba-lumba punya vokal untuk berkoordinasi dan memecahkan masalah bersama. 

Leigh Torres, ahli ekologi kelautan di Oregon State University, mengatakan selama ini penggunaan suara lumba-lumba yang disebut sebagai “burts pulse”—ledakan suara yang teratur—dilakukan untuk interaksi sosial dan penentuan lokasi. 

Temuan baru ini, menurut Torres, menunjukkan bahwa ledakan suara yang teratur ini mungkin punya fungsi yang lebih canggih. “Hasilnya mengarah ke kemungkinan bahasa lumba-lumba yang memungkinkan pemecahan masalah tim,” katanya.

“Ini pertama kalinya kami yakin vokal lumba-lumba yang digunakan untuk memecahkan tugas bersama,” kata Holli Eskelinen, peneliti studi ini. 

Peneliti melakukan percobaan pada 24 tabung dengan enam lumba-lumba di dalamnya. Hanya dua dari lumba-lumba yang pernah berhasil memecahkan teka-teki dan mendapatkan makanan.

Pada 20 uji coba, dua lumba-lumba dewasa jantan bekerja sama untuk membuka tabung makanan dalam hitungan beberapa menit. Dalam empat uji coba lain, salah satu lumba-lumba berhasil memecahkan masalah sendiri, tapi jauh lebih sulit dan membutuhkan waktu lebih lama. 

Kejutan datang dari rekaman vokal lumba-lumba yang dilakukan selama percobaan. Tim menemukan, ketika lumba-lumba bekerja sama untuk membuka tabung itu, mereka membuat sekitar tiga kali lebih vokal daripada yang mereka lakukan saat membuka tabung sendiri atau ketika berkomunikasi. 

Para peneliti mampu menunjukkan bahwa peningkatan ledakan suara yang teratur berhubungan dengan tugas pembukaan tabung makanan. 

Selama uji coba, ketika salah satu lumba-lumba membuka tabung tanpa bantuan, tak ada peningkatan suara. Tim menyimpulkan terjadi peningkatan suara selama pembukaan tabung bersama.

NEW SCIENTIST | TRI ARTINING PUTRI

About The Author

Profile photo of Tempo

www.tempo.co adalah portal berita online dan offline yang terkenal dengan beritanya yang 'berani' dan menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan dengan investigasi yang terkenal 'tajam'.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar