LINE Gelar Kompetisi BOT di Indonesia

Jakarta – Aplikasi messaging LINE menggelar kompetisi dengan iming-iming hadiah Rp 800 juta. Selain pengembangan BOT, kompetisi untuk developer ini juga menawarkan kesempatan bekerja di LINE Indonesia.

Berkaca pada kesuksesannya menarik minat lebih dari 15.000 peserta kompetisi di LINE Creativate 2016 untuk para pelaku industri kreatif, kali ini LINE Indonesia didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Dicoding menggelar LINE Developer Challenge.

Ajang ini merupakan kompetisi terbuka bagi para developer Tanah Air, baik individu, pelajar, maupun kelompok untuk mengembangkan BOT pada platform LINE menggunakan LINE@ Messaging API (LINE ChatBot).

Pendaftaran kompetisi ini telah dibuka awal Februari ini dan akan ditutup pada 31 Maret 2017. Sedangkan pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 8 April 2017.

“Kompetisi ini merupakan salah satu upaya kami untuk menjadi pemimpin di inovasi chat bot dan mendekatkan jarak dengan para developer Indonesia,” ujar Ongki Kurniawan, Managing Director LINE Indonesia, Senin (6/2/2017).

“Kami percaya para developer Indonesia bisa menciptakan inovasi yang luar biasa dan membantu mewujudkan impian kami. Lewat LINE Developer Challenge, kami mengajak dan memberi saluran untuk talenta lokal agar dapat mengeksplorasi, mengembangkan potensi, serta berkontribusi untuk pembangunan ekosistem digital kreatif Indonesia,” paparnya lebih lanjut.

Ada dua kategori dalam kompetisi ini, Kategori Utilitas dimana para developer ditantang untuk membuat bot yang bisa membantu tugas sehari-hari lebih mudah dan menjadikan hidup semakin bermanfaat. Sedangkan kategori Game dimana para developer dapat menciptakan game bot yang interaktif dan dapat menciptakan kedekatan antar pengguna.

“Karena kompetisi ini berskala Nasional, bersama dengan partner kami Bekraf dan Dicoding, kami akan mengadakan rangkaian roadshow berupa workshop mengenai LINE ChatBot,” lanjut Ongki Kurniawan.

Roadshow yang akan dilaksanakan selama bulan Februari akan berlangsung di beberapa kota di Indonesia, seperti Bandung (6-7 Februari), Jakarta (8 Februari), Yogyakarta (8 Februari), Bali (9 Februari), Surabaya (10 Februari), Depok (16 Februari), dan Tangerang (20 Februari).

Selain Bekraf dan Dicoding, LINE juga bekerja sama dengan IBM, Microsoft sebagai Infrastructure Partners, East Ventures dan Kejora sebagai Investment Partners,Kata.ai sebagai API Partner, dan beberapa komunitas lainnya untuk mensukseskan kompetisi ini.

“Bagi para developer tanah air yang tertarik untuk dapat mengembangkan kreatifitas dan inovasinya, jangan ragu untuk memulainya dengan LINE lewat LINE Developer Challenge. Selain dapat berinovasi, dapatkan juga total hadiah sejumlah Rp 800,000,000 dan kesempatan bekerja dengan LINE,” pungkas Ongki.

(rou/yud)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar