Line Gelar Lapak Industri Kreatif

Line Gelar Lapak Industri Kreatif (ki-ka) Simeon Cho, Eunjung Lee, Triawan Munaf, dan Junkoo Kim berfoto bersama para karakter Line seusai peresmian Line Creative Day (dok. Line)
Jakarta

Messenger asal Korea Selatan Line, pekan ini menggelar acara khusus bagi para pegiat industri kreatif di Indonesia. Bertajuk Line Creative Day 2015, ajang ini berupaya merangkul bakat-bakat lokal khususnya di bidang desain kreasi stiker dan komik digital.

Pada ajang yang digelar Kamis (5/11/2015) bertempat di Ballroom 1 Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta ini, para pemilik bisnis dan komunitas juga diajak bergabung dalam komunitas LINE@.

Ini adalah fitur pengelolaan bisnis bagi para creativepreneur Indonesia yang diklaim Line telah terbukti menjadi platform yang mampu mengakselerasi pertumbuhan bisnis.

“Line Creative Day menjadi ajang yang penting bagi kami untuk membentuk dan mengakomodasi potensi kreatif bakat-bakat yang luar biasa di Indonesia melalui platform Line, baik di creators market untuk stikers, Webtoon untuk serial komik digital, maupun para creativepreneur dan pemilik komunitas melalui LINE@,” kata Senior Vice President Business Development Line Plus Corporation Eunjung Lee.

Dikatakannya, Line ingin berkontribusi kepada Indonesia dengan mendukung sebuah gerakan kreatif yang dipercaya akan memberikan manfaat bagi perekonomian Indonesia secara umum.

“Melalui gerakan ini kami juga berharap dapat membantu inisiatif pemerintah Indonesia dalam meletakan fondasi yang mendukung ekonomi kreatif,” sambungnya.

Line Creative Day 2015 mendapat dukungan penuh dari pemerintah Indonesia melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Karenanya hadir pula di acara ini, Kepala Bekraf Triawan Munaf.

Dikatakan Triawan, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar bukan saja sebagai konsumen industri kreatif yang semakin dikendalikan oleh pesatnya perkembangan teknologi digital, tetapi juga sebagai penyedia konten yang kaya dengan warisan budaya dan kearifan lokal.

“Kami sangat menghargai segala upaya yang telah dilakukan dan diinisiasi Line. Ini sangat sejalan dengan kebijakan pemerintah saat ini yang bekerja keras mencapai target kontribusi terhadap ekonomi dan kesejahteraan bangsa. Kreativitas yang menghasilkan nilai tambah bagi kesejahteraan. Dan Line memberikan kesempatan itu seluas-luasnya,” sebutnya.

Para peserta ajang Line Creative Day mendapat kesempatan ikut bagian dalam berbagai sesi seminar, termasuk mendapat informasi bagaimana menjadi creator stiker dan komik digital Webtoon dari para pakar yang didatangkan khusus dari kantor pusat Line.

Selain itu, aneka tips dan sesi berbagi pengalaman dengan sesama rekan yang telah sukses berkarya di platform Line juga bisa menambah wawasan, relasi dan pengalaman.

Asyiknya lagi, Line Creative Day 2015 juga membuka peluang bagi para finalis kompetisi kreasi sticker dan Webtoon memamerkan karyanya, sehingga publik dapat mengenal dan mendukung karya mereka melalui platform Line.

Di akhir acara, tak lupa Line mengumumkan para pemenang untuk lomba kreasi stiker maupun Webtoon. Kreasi mereka diganjar hadiah ratusan juta rupiah. Berikut nama-nama para pemenang.

Kreasi Sticker

1. Junaidi Lim. Sarita, Gadis Dayak

2. Rizka Amalia. Anak Kos

3. Donny Rakhman. Jamu Gendong Mbok De

4. Bob Raigen. Wayang Cilik

5. Emily & Imo. Kulkas Indo

6. Ayu Shabrina Soewandi. Syerin Saraswati

7. Hellen Mores. Duwa Wang

8. Kevin Ho. Si Satpam Komplek

9. Mochammad Pungky Noor. Capit Si Sandal Jepit

10. Melvina Oktavianti. Si Onjai Ondel Jalanan

Lomba Webtoon

1. Annisa Nisfihani. My Pre Wedding

2. Archie the Red Cat, Chyntia. Eggnoid, Flawless

3. Afit, Vega & Satria, Angelina. No Homo, Nusantara Droid, War, Alice


(rns/rns)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply