"Malware" Baru Infeksi 13.000 Android Per Hari, Cek Ponsel Anda!

KOMPAS.com — Malware jenis baru ditemukan di perangkat Android. Program jahat yang diberi nama Gooligan itu telah menginfeksi sekitar 1 juta perangkat Android, menurut laporan dari firma keamanan Check Point.

Gooligan mulai menyebar sejak Agustus 2016 lalu dan menurut Check Point, malware tersebut rata-rata menjalar ke 13.000 perangkat Android per hari.

Target utama malware tersebut adalah perangkat dengan sistem operasi Android versi 4 dan 5 atau Jelly Bean, KitKat, dan Marshmallow.

Malware Gooligan menyebar melalui aplikasi resmi yang dipajang di toko aplikasi pihak ketiga (bukan Google Play Store). Hampir separuh dari infeksi Gooligan berada di wilayah Asia, tempat toko aplikasi pihak ketiga populer, seperti dikutip KompasTekno dari The Verge, Kamis (1/12/2016).

Aplikasi-aplikasi yang menyimpan malware Gooligan telah didaftar oleh Check Point. Anda bisa melihat daftar tersebut melalui tautan berikut ini. Beberapa dari aplikasi yang terjangkit mulai dari game ringan Slots Mania hingga aplikasi yang mencurigakan bernama Sex Photo.

Malware tersebut memanfaatkan dua lubang keamanan di kernel Linux sehingga mampu mengontrol perangkat pengguna begitu aplikasi diinstal.

Dari situ, malware akan mengambil alih otorisasi token perangkat Google sehingga bisa mengakses akun Google pengguna, seperti Gmail, Drive, dan Photos.

Menurut Google, malware tersebut tidak terbukti mengakses e-mail pribadi atau foto-foto. Namun, ia memanfaatkannya untuk memberi rating bintang lima kepada sejumlah aplikasi tertentu yang ada di Play Store.

Untuk mengecek apakah perangkat Android Anda terinfeksi malware Gooligan atau tidak, Anda bisa menggunakan tool yang dibuat oleh Check Point di tautan berikut ini.

Sebagai tindak pencegahan, sebaiknya hanya mengunduh apikasi dari toko resmi Google Play Store.

About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar