Malware “iCloudDNSBypass” Menyerang Salah Satu ISP di Indonesia

 Photo by Uttha100

Hari ini tab mention @MakeMac berisi banyak pertanyaan tentang perangkat iOS atau komputer Mac yang mengalami kendala saat terhubung ke jaringan internet. Yaitu tampilan login window dari Wi-Fi yang menunjukkan informasi mengenai iCloudDNSBypass. Berikut ini beberapa mention yang masuk dari pembaca MakeMac:

Dari beberapa data yang tim MakeMac kumpulkan, masalah ini terjadi pada sebagian pelanggan ISP (Internet Service Provider) dari IndieHome. Yaitu malware yang menyerang DNS bawaan. Masalah ini membuat pengguna tidak bisa login ke jaringan Wi-Fi yang digunakan, padahal sudah melakukan Reset Network Settings di iOS atau bahkan melakukan Reset untuk perangkat Router.



Cara Membereskan Masalah Malware DNS

Dari hasil percobaan MakeMac, ada 2 cara untuk membereskan masalah ini. yaitu mengganti DNS yang digunakan pada perangkat iOS atau Mac. Cara kedua adalah menggunakan layanan VPN. Berikut ini cara mengganti DNS untuk mengatasi masalah malware iCloudDNSBypass:

  1. Masuk ke Settings – Wi-Fi. Aktifkan tombol Ask to Join Networks agar tidak otomatis masuk ke tampilan iCloudDNSBypass.
  2. Tekan ikon i pada jaringan Wi-Fi yang mengalami masalah.
  3. Di bagian DNS, ganti menggunakan DNS dari Google (8.8.8.8, 8.8.4.4) atau Open DNS (4.2.2.2, 4.2.2.3).
  4. Kembali ke tampilan sebelumnya dengna menekan ikon Wi-Fi di bagian kiri atas (iPhone) atau tengah layar (iPad).
  5. Sekarang masuk ke Wi-Fi tersebut dan coba buka Safari lalu akses website yang kamu butuhkan. Apakah sudah lancar seperti semula?

Jika kamu mengalami masalah ini, sebaiknya segera hubungi layanan pelanggan dari ISP IndieHome untuk melaporkan masalah tersebut ya. Semakin banyak pengguna yang melapor, seharusnya masalah ini juga akan semakin cepat dibereskan. Jangan lupa juga untuk membagikan informasi ini kepada teman atau pengguna lain yang mengalami masalah serupa.






About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar