Mau Patungan dengan Negara Mana Lagi, BlackBerry?

Mau Patungan dengan Negara Mana Lagi, BlackBerry?Foto: Mindra Purnomo
Jakarta – Setelah memastikan untuk tak lagi membuat ponselnya sendiri, BlackBerry langsung gencar cari peminat yang ingin membeli lisensi softwarenya dari berbagai negara.

Menurut Ralph Pini, COO and General Manager of Devices BlackBerry, Indonesia adalah negara pertama yang menjadi konsumen BlackBerry setelah melakukan perubahan pada bisnisnya.

Di Indonesia, BlackBerry Ltd membuat perusahaan patungan atau joint venture bernama PT BB Merah Putih bersama pemain lokal, PT TiPhone Mobile Indonesia Tbk (TELE).

“Indonesia adalah negara pertama dimana BlackBerry telah membentuk perusahaan patungan di bawah model bisnis baru ini,” kata Ralph saat berbincang dengan detikINET.

Lantas, di negara mana lagi BlackBerry bakal menjajaki kolaborasi serupa yang dilakukan dengan Tiphone di Indonesia? Sayang, Ralph masih merahasiakannya rapat-rapat.

“Kami akan terus mengevaluasi semua pilihan untuk lisensi perangkat lunak kami untuk mitra terpercaya di seluruh dunia,” kilahnya.

Namun kabar berhembus menyebut, BlackBerry sedang menjajaki kemitraan yang sama dengan perusahaan di China serta India. Memang di berbagai negara berkembang, merek BlackBerry masih cukup menjual.

Seperti diketahui, BlackBerry tengah mengubah model bisnisnya menjadi sistem outsource, dimana pengembangan dan desain smartphone yang menggunakan merek BlackBerry akan dilakukan oleh pihak lain. Sementara BlackBerry selanjutnya hanya menerima royalti dari penjualannya.

Ralph menjelaskan, perangkat lunak akan menjadi yang utama pada bisnis BlackBerry. “Kami telah menerapkan arah strategis baru untuk bisnis Mobility Solutions kami, berfokus pada pengembangan dan lisensi perangkat lunak perangkat kami yang aman, serta merek BlackBerry. Kami sangat bersemangat tentang arah masa depan perusahaan kami,” jelasnya.

Untuk mewujudkan era baru tersebut, langkah pertama yang dilakukan BlackBerry adalah perjanjian lisensi merek yang baru. DImana di Indonesia mereka membentuk usaha patungan atau joint venture dengan PT BB Merah Putih.

“Sudah sepatutnya Indonesia adalah pasar pertama di mana kita melisensi perangkat lunak kami, sebagai negara yang secara historis merupakan pasar terbesar BlackBerry untuk perangkat dan, sejauh ini, yang paling besar untuk messaging software BBM yang kita ciptakan. Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi BlackBerry,” tandas Ralph.
(ash/ash)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar