Memahami Fitur Photo Stream iCloud

Salah satu fitur menarik yang diperkenalkan oleh Apple saat memperkenalkan iCloud adalah fitur Photo Stream, sebuah fitur yang menyatukan sharing foto diantara semua gadget Anda (iPhone, iPad, Mac) dengan mudah. Foto yang Anda ambil melalui iPhone, secara otomatis akan muncul didalam Mac dan iPad Anda. Menarik bukan ? Anda tidak perlu melakukan apapun, bahkan kabel juga tidak dibutuhkan. Bagaimana cara kerja dan aturan mainnya ?

tutor-photostream1

Mengaktifkan Fitur Photo Stream
Photo Stream memang gratis untuk digunakan namun fitur ini tidak aktif secara default. Anda harus mengaktifkannya secara manual dan tergantung dari masing-masing alat. Aktifkan melalui menu :

1. iOS, gunakan menu settings > iCloud > Photos (photo stream)
2. Mac, System Preferences > iCloud > aktifkan fitur My Photo Stream
3. PC, install dan buka iCloud Control Panel, klik box photos. Aktifkan fitur My Photo Stream

Bagaimana Aturan Mainnya
Ini yang paling penting, bagaimana cara kerja dari iCloud. Ketika Anda mengambil foto dengan iPhone Anda, foto tersebut akan disimpan didalam folder Camera Roll. Ketika Anda mengaktifkan fitur My Photo Stream, Anda akan melihat sebuah folder lagi bernama My Photo Stream. Foto yang Anda ambil, misalnya dengan iPhone ini akan diupload ke server iCloud Apple.
Semua gadgets Anda yang telah mengaktifkan fitur iCloud akan mendownload foto-foto ini dan disimpan kedalam folder khusus bernama My Photo Stream. Karena itulah, pada gadget yang mengambil foto tersebut, Anda akan melihat foto yang sama berada didalam folder Camera Roll dan My Photo Stream namun untuk gadgets lainnya hanya akan melihat foto tersebut didalam folder My Photo Stream.

Bagaimana Dengan Pulsa Saya?
Karena setiap foto yang diambil akan diupload kedalam server iCloud, ini tentu akan bermasalah buat Anda yang mengakses internet dengan SIM card Anda karena biasanya terdapat quoata atau biaya Anda akan membengkak. Untungnya, masalah ini sudah diantisipasi sehingga proses upload foto kedalam iCloud hanya akan dilakukan jika Anda terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi dan tidak akan dilakukan melalui jaringan seluler Anda.

Bagaimana Dengan Penghapusan Foto?
Ketika Anda menghapus foto yang ada didalam folder Camera Roll, foto yang ada didalam folder My Photo Stream masih tetap ada yang artinya foto tersebut juga masih ada didalam iCloud. Jadi bila Anda ingin menghapus sebuah foto dari muka bumi ini, Anda harus menghapusnya di dua tempat, termasuk di My Photo Stream. Foto yang dihapus dari folder My Photo Stream, darimanapun Anda melakukannya, otomatis akan terhapus juga dari gadgets lainnya. Jadi bila Anda menghapus foto dari iPhone Anda, foto yang sama didalam iPad dan Mac Anda yang berada didalam My Photo Stream secara otomatis juga akan terhapus

Quota Penyimpanan
Apple memberikan perhitungan quota khusus untuk My Photo Stream. Space yang terpakai, tidak akan mengurangi quota iCloud Anda karena My Photo Stream dibatasi sebanyak 1000 foto dengan masa penyimpanan selama 30 hari. Menarik bukan?

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply