Membuat Password yang Aman & Mudah Diingat

Password yang gampang diingat ? mudah ! password yang aman ? gampang ! password yang gampang diingat dan aman ? nah ini yang susah namun bukan tidak mungkin.

123, 12345, 123456, qwerty, etc adalah password yang mudah diingat dan gampang namun password ini sangatlah tidak aman karena mudah ditebak. Lain lagi dengan password RAoAxPXA38aydy, uGuQ6oY8aFYYxb, ofs6Egmgeyfz2J, etc yang jelas sangat aman namun bagaimana Anda bisa mengingatnya ? Menuliskan password ini pada kertas atau mencatatnya pada komputer Anda akan membuat masalah baru, belum lagi nantinya catatan ini hilang dan lain sebagainya.

Beberapa orang menggunakan software untuk mengingat password yang sedemikian banyaknya namun akibatnya adalah ketergantungan terhadap software ini sangatlah tinggi. Tanpa software pencatat password seperti 1password ini, Anda tidak akan bisa login ke sebuah situs karena Anda tidak mengetahui password yang digunakan. Lalu bagaimana membuat password yang aman dan mudah diingat tanpa bantuan dari software pengingat? Berikut tips yang saya gunakan dan barangkali, Anda juga bisa menggunakannya:

  1. Memory manusia, sangatlah tidak mudah untuk mengingat sesuatu yang acak dan bahkan cenderung untuk melupakannya karena memang sifat dasar nya yang malas. Otak hanya akan bekerja ketika ada sesuatu yang menarik dan apa yang menarik ? tentu buat setiap manusia akan berbeda. Untuk itu, cari sesuatu yang menarik, sesuatu yang sangat Anda benci, atau sangat Anda suka namun jangan yang langsung berhubungan dengan Anda.
  2. Buat kalimat (ingat, KALIMAT, bukan kata) dari point 1 seperti “bro,pleasejanganbunuhKPK”.
  3. Point berikutnya adalah membuat aturan buat diri Anda sendiri yang bersifat baku alias berlaku untuk semua password yang Anda gunakan.
    1. Lakukan sedikit pengacakan dengan menambahkan karakter nyeleneh atau karakter pengacak seperti mengganti huruf 0 menjadi 0(nol) dan tambahkan tanda baca yang salah seperti “br0,pleasejanganbunuhKPK/!”. Saya menggunakan /! karena mirip dengan escape karakter di programming 🙂
    2. Anda juga bisa membuat aturan buat Anda sendiri seperti setiap huruf depan adalah huruf kecil dan selanjutnya huruf besar seperti “bRO,pLEASEjANGANbUNUHkpk/!
  4. Lalu bagaimana bila Anda harus membuat password yang terdiri atas angka semua ? Jadikan sebuah kata dan lakukan pengacakan terhadapnya. Sebagai contoh, lihat angka ini “346000” yang bisa saya baca jadi “BEGOOO”. Tinggal gunakan lagi angka tambahan sebagai pengacak dengan aturan yang Anda tentukan sendiri.

Point utama dalam membuat password disini adalah aturan umum+aturan personal. Aturan umum yaitu sesuatu yang menarik pikiran Anda dan aturan personal atau tata bahasa yang Anda buat sendiri sebagai pengacak. Semoga cara ini bisa membuat Anda mampu membuat password yang aman dan mudah diingat buat Anda (bukan buat orang lain).

Bagaimana pendapat Anda ? Punya ide atau point yang ingin ditambahkan ? Share disini 🙂

About The Author

Related posts

4 Comments

    1. S'to

      saya membuat group/kategori berdasarkan seberapa penting website tersebut. Untuk website yang nga penting, gunakan password yang sama, sedangkan website yang penting, saya menggunakan password berbeda dengan tambahan membuat pola berdasarkan website tersebut atau bisa dikatakan pengacak berdasarkan nama/kategori/jenis/fungsi website tersebut.

  1. Cruz3N

    Saya menggunakan metode diatas paling hanya untuk hal yg penting kayak email, mungkin seperti rumus nama+ciri2website+angkarandom. Dan yang pasti secara berkala diganti (toh hanya punya 2 alamat email :D)

    Klo untuk website, social network, FTP, SCP, cpanel dkk saya lebih prefer untuk disimpan didalam aplikasi kayak 1password atau 1key karena gak mungkin diingat atau terlalu malas hahaha

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply