Menambang Bitcoin vs Emas, Ternyata Dua Kali Lebih Boros Energi

Menambang Bitcoin ternyata jauh lebih boros energi bila dibandingkan dengan penambangan perunggu, emas, dan platinum.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com – Menambang uang cryptocurrency Bitcoin secara digital saat ini merupakan kegiatan yang sangat menguntungkan, dan bisa dilakukan oleh semua orang.

Namun tahukah kamu bahwa ternyata menambang Bitcoin membutuhkan energi jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan tambang emas dan perunggu?

Menurut laporan yang dibuat oleh The Guardian, untuk menambang Bitcoin seharga satu dollar, jumlah energi yang dibutuhkan ternyata hingga dua kali lipat lebih besar dibandingkan menambang perunggu, emas, dan platinum dengan harga yang sama.

Baca Juga : Mau Jual Beli Bitcoin Dengan Mudah? Kini Bisa Pakai LINE

Temuan tersebut berasal dari laporan yang dibuat oleh peneliti dari Oak Ridge Institute di Cincinnati Ohio, Amerika Serikat.

Bila dilihat secara kasat mata saja, tentunya menambang digital dengan menggunakan komputer untuk Bitcoin seharusnya lebih hemat energi dibandingkan menggunakan peralatan berat di dalam penambangan.

Namun kenyataan berkata lain, karena untuk mendapatkan Bitcoin seharga satu dollar dibutuhkan energi sebesar 17 Megajoule.

Sedangkan untuk menambang hasil seharga satu dollar di penambangan adalah 4 Megajoule untuk perunggu, 5 Megajoule untuk emas, dan 7 Megajoule untuk platinum.

Jumlah energi yang dibutuhkan juga bervariasi untuk cryptocurrrency yang berbeda dengan Bitcoin, misalnya 14 Megajoule untuk menambang Monero seharga satu dollar.

Penulis: David Novan Buana


Video Pilihan

Sumber : Nextren.com

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply