Menanti Kejutan Bosch di Pameran Elektronik Dunia

Jakarta – Consumer Electronic Show (CES) tak hanya milik pembesut gadget. Perusahaan teknologi pada umumnya akan berebut panggung di ajang tahunan ini, tak terkecuali perusahaan teknologi asal Jerman Bosch, yang siap memamerkan berbagai solusi pintar berbasis Internet of Things (IoT).

Pada event yang akan berlangsung pada 5-8 Januari 2017, di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat ini, Bosch dipastikan akan memamerkan bagaimana konektivitas mengubah suatu perangkat menjadi seperti teman, pendamping bahkan asisten.

Berdasarkan bocoran, sejauh ini akan ada lima bidang utama yang akan menjadi fokus solusi pintar berbasis IoT Bosch yang bakal diperlihatkan. Bidang-bidang tersebut antara lain:

Rumah Pintar

Sistem rumah pintar besutan Bosch memungkinkan pemilik rumah untuk mengendalikan beragam perangkat yang saling terhubung di rumah melalui satu aplikasi saja. Pada ajang CES, Bosch akan memperlihatkan bagaimana perusahaan telah meningkatkan sistem yang ada dengan beberapa teknologi lanjutan seperti pendeteksi asap dan gerakan yang bisa menjalankan fungsi-fungsi tambahan, dan manajer skenario yang memungkinkan rumah dengan sistem terhubung menjadi lebih intuitif.

Kota Pintar

Bosch akan menampilkan solusi di bidang mobilitas, teknologi energi dan bangunan, keamanan, dan pemerintah kota digital. Terkait dengan mobilitas, teknologi yang ditampilkan termasuk sistem pemantauan lingkungan dan teknologi parkir terhubung, serta tak ketinggalan manajemen armada, mobilitas elektronik (e-mobility), dan solusi transportasi intermodal.

Terkait dengan energi, turut ditampilkan pembangkit listrik virtual, pemanas hemat energi, sistem air panas dan pendingin, serta teknologi penyimpanan energi. Termasuk ke dalam sistem keamanan yaitu teknologi proteksi kebakaran, sistem kontrol akses, dan solusi pengawasan video. Bosch juga menawarkan Smart Home Technology dan peralatan rumah tangga yang saling terhubung.

Mobilitas terhubung

Bagaimana sih rasanya mengemudi di masa depan? Bosch menyampaikan visinya pada ajang CES 2017 dengan mobil konsep baru. Selain rumah dan kantor, konektivitas juga mengubah mobil menjadi ‘ruang’ ketiga yang akrab dengan keseharian kita.

Bosch mewujudkan komunikasi pribadi di antara mobil dan pengemudi, kinerja yang semakin baik dan layanan komprehensif serta diklaim aman dioperasikan di masa depan.

Industry 4.0

Istilah industry 4.0 mungkin terdengar asing. Namun pada intinya, inilah IoT, yakni menghubungkan orang dengan mesin dan benda-benda lain.

Dengan IoT Gateway misalnya, Bosch membawa kelebihan industri terhubung kepada operator mesin-mesin tradisional yang belum memiliki prasyarat produksi berjaringan seperti sensor, perangkat lunak, atau koneksi ke koneksi TI perusahaan.

Sistem terhubung ini akan memadukan teknologi sensor, perangkat lunak, dan manajemen industri yang diaktifkan oleh IoT, sehingga memungkinkan untuk memantau status mesin.

Sensor Pintar

Dengan sebuah sensor mungil, benda apa pun bisa memunculkan konektivitas. Bosch bakal unjuk gigi memperlihatkan bagaimana sensor mungil yang disebutnya Microelectromechanical Sytems (MEMS) menempel dan bekerja pada kendaraan, smartphone, konsol game, tablet dan berbagai perangkat lainnya.

Meski ukuranny mungil, MEMS diklaim punya kinerja yang efektif, bisa menghemat energi, menyelamatkan nyawa dan membuat kegiatan berkendara lebih nyaman. Bosch bahkan menyebut MEMS adalah mata dan telinga bagi jutaan perangkat elektronik.

Pada intinya, Bosch ingin memperlihatkan bagaimana seluruh teknologi yang dikembangkannya akan menjadikan hidup lebih mudah, nyaman dan aman. Untuk tahu lebih detail dan menyaksikan langsung bagaimana cara teknologi ini bekerja, detikINET akan melaporkannya langsung dari arena CES 2017 di Las Vegas. (rns/yud)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar