Mencoba Family Sharing & Keamanan Pembayaran Kartu Kredit

Apple Music yang baru masuk di bulan kedua sejak masa rilisnya, sudah menggaet banyak pengguna untuk turut mencoba dalam masa trial gratisan 3 bulan. Pastinya kamu tahu, walaupun gratis 3 bulan layanan ini mensyaratkan pengguna menunjukkan saldo minimal 69 ribu Rupiah untuk Single User dan 120 ribu Rupiah untuk Family Membership.

Nah, tim MakeMac sempat menguji program keluarga ini dan menemukan beberapa catatan yang menarik. Terutama fitur keamanan akses kartu kredit, apakah aman atau justru menjadi berbahaya untuk diakses anggota keluarga lain?

Mengenal Family Sharing

Sebelum membahas bagian utama, saya jelaskan dulu apa itu Family Sharing. Fitur ini hadir pertama kali di pembaruan iOS 8. Intinya, kamu yang memiliki anggota keluarga dengan perangkat iOS dan menggunakan akun iCloud pribadi, dapat saling terkoneksi dan berbagi konten yang dimiliki.

Contohnya para orangtua dapat mengawasi setiap aplikasi yang diunduh oleh anaknya dengan memberikan autoritas akses pembelian aplikasi berbayar atau belanja in-app purchase.

Selain masalah pembayaran, sebetulnya Family Sharing juga punya beragam fitur lainnya. Seperti berbagi album foto, mengintip jadwal dari app Calendar yang tersinkronisasi, fitur Find My Friends dan beragam lainnya. Namun kali ini kita bahas yang berhubungan dengan akses kartu kredit dan Apple Music saja ya!

Baca Juga:

Cara Mendaftarkan Anggota Baru di Family Sharing

Tidak sulit untuk membuat Family Sharing di perangkat iOS atau OS X. Syarat utamanya adalah akun Organizer (pembuatnya) harus memiliki sistem pembayaran kartu kredit yang telah terdaftar di Apple ID. Setelah itu masuk ke pengaturan iCloud di iOS atau OS X dan pilih Set Up Family Sharing. Ikuti saja pengaturan yang ada di halaman tersebut hingga selesai.

Setelah itu undang keluarga kamu untuk bergabung – tentunya mereka harus memiliki akun iCloud ya. Di perangkat iPhone atau iPad silahkan masuk ke Settings > iCloud > Family > Add Family Member. Masukkan nama atau alamat email dari akun yang ingin kamu ajak bergabung.

Di sisi akun yang kamu undang akan masuk sebuah notifikasi bahwa pengguna tersebut mendapatkan undangan Family Sharing. Silahkan terima infitasi tersebut dan kamu sudah terdaftar deh.

Sebagai catatan, ada 3 status dari akun yang ada di sebuah Family Sharing. Pertama Organizer alias yang paling atas – memiliki sistem pembayaran kartu kredit. Kedua adalah Adult yang terdaftar dengan informasi umur dewasa dan ketiga adalah status Child untuk akun iCloud dengan keterangan umur anak-anak, dibawah 13 tahun.

Family Sharing dan Akses Kartu Kredit

Oke, seperti bahasan saya di awal. Apakah Family Sharing tetap membuat kartu kredit kamu aman? Karena saat saya mencoba langkah di atas, di sisi Organizer menemukan peringatan seperti berikut:

Purchases initiated by family members will be billed to this payment method

Karena was-was, kami awalnya mendaftarkan akun teman dengan informasi umur 12 tahun. Hal ini membuat fitur Ask to Buy tampil di pengaturan iCloud – harus meminta ijin dari Organizer untuk melakukan pembelian aplikasi.

Langkahnya akan seperti gambar di atas. Setiap akun Child menekan tombol BUY di aplikasi berbayar, akan berubah menjadi tombol Ask alias meminta ijin dari Organizer untuk membeli aplikasi tersebut. Tidak ada halaman persetujuan atau informasi kartu kredit yang tampil di sisi akun Child. Semuanya hanya seputar menunggu otoritas dari Organiser untuk proses pembelian. Oke, ini saya anggap sangat aman dan tidak akan membingungkan anak anda.

Lantas bagaimana di sisi akun Adult? Nah ini yang menjadi masalah. Ketika pengguna dengan status dewasa ini membeli, akan tampil tombol BUY. Jika ditekan akan tampil gambar seperti di atas yaitu meminta konfirmasi di sisi organizer. Bedanya, akun Adult langsung disuguhi tampilan keamanan untuk memasukkan Security Code dari kartu kredit.

Bahaya? Ya tentu saja, karena dari percobaan saya tidak ada jalan lain untuk akun Adult membeli aplikasi dari perangkatnya selain memasukkan kode tersebut. Hanya ada 2 cara, memberikan perangkat pada si Organizer untuk input kode atau memberikan Security Code yang dimiliki – sangat tidak disarankan!

Bahkan saya sudah mencoba dengan akun Adult yang memiliki saldo iTunes Gift Cards. Tetap saja, jendela informasi di atas akan tampil dan meminta Security Code dari Organizer. Kesimpulan sementara saya, akun Adult di Family Sharing akan lebih susah membeli aplikasi daripada akun Child.

Lantas, Solusinya?

Setelah membaca beberapa sumber, akhirnya saya paham dengan maksud Apple di fitur Family Sharing. Pertama, sebaiknya memang fitur ini digunakan oleh keluarga inti saja – contohnya suami sebagai Organizer, istri sebagai Adult dan 2 anak misalnya di akun Child. Dengan begitu lingkup penggunaan kartu kredit untuk pembelanjaan bisa lebih teratur.

Nah untuk akun Adult (istri dalam kasus di atas) yang ingin membeli aplikasi, bisa meminta Organizer (suami) membelinya di akun miliknya. Setelah itu akses dari fitur Shared Purchases yang sudah diaktifkan antar anggota Family Sharing.

Mengapa keluarga inti saja? Ini kembali lagi ke akses kartu kredit atau sistem pembayaran yang digunakan. Bisa saja kartu kredit kamu menggunakan limit yang kecil dan tentu saja tidak digunakan untuk iTunes Store saja kan. Sehingga dengan banyaknya anggota Family Sharing dengan tipe Adult, bisa membuat tagihan kamu membengkak apalagi jika masing-masing doyan belanja berbagai aplikasi.

Kesimpulan

Menurut saya, Family Sharing memang sebaiknya diterapkan untuk keluarga saja. Fitur ini tidak tepat untuk kasus kamu yang memiliki kartu kredit dan beberapa teman yang ingin bergabung dalam “keluarga virtual” di fitur Family Sharing ini.

Bisa saja sih kamu memaksakan diri untuk bergabung di Family Sharing bersama teman-teman, demi Apple Music misalnya. Tapi saya yakin proses lainnya seperti membeli aplikasi atau in-app purchase akan menjadi kendala yang cukup merepotkan. Apalagi jika posisi kamu dan anggota lainnya tidak serumah atau sering berjumpa – hanya demi memasukkan Security Code pembayaran.

Bagaimana pendapat kamu? Punya pandangna yang berbeda atau sudah menerapkan Family Sharing di keluarga sendiri? Bagikan di kolom komentar ya.

Thanks, Mas iQ & Orisonmarden !

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar