Mengenal Android Auto dan Android Automotive

Jakarta – Secara tidak sadar para perusahaan teknologi sebut saja Google, memutuskan untuk ikut bermain dalam industri otomotif. Bahkan dengan terang-terangan Google ikut menyediakan aplikasi Android untuk berada dalam kabin mobil.

Namun kenyataannya saat ini ada dua pengertian Android Auto dan Android Automotive. Tapi apa perbedaan keduanya ya? DetikOto coba menelusuri apa yang menjadi pembeda keduanya, seperti dikutip dari xda-developers.

Memang Google tidak menjelaskan secara spesifik akan perbedaan keduanya. Namun yang pasti kedua istilah ini sama-sama digunakan atau terselip di sebuah kendaraan.

Akan tetapi jika coba diartikan ada perbedaan mendasar diantara keduanya. Untuk Android Auto diartikan sebuah sistem yang bisa terhubung antara smartphone dengan dashboard di dalam kabin. Sehingga aplikasi seperti Maps, Music atau Voice access akan mudah dioperasikan.

Sedangkan untuk Android Automotive, diartikan sebuah mobil yang sudah benar-benar menggunakan aplikasi Android sebagai sistem operasional sistemnya. Sehingga tanpa perlu menghubungkan kembali smartphone pribadi, sistem Android sudah benar-benar melekat di satu merek otomotif.

Seperti yang saat ini dipamerkan Panasonic Automotive di Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas, yang bekerjasama dengan Qualcomm dan Fiat Chrysler Automobiles U.S (FCA US) yang melahirkan infotainment system, yang dibangun menggunakan sistem Android.

Hasilnya sebuah sebuah infotainment canggih dijanjikan bakal terselip pada model terbaru Chrysler. Dengan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 820Am yang dikustom dari Kryo CPU, menggunakan modem X12 LTE, Hexagon 680 DSP dan Adreno 530 GPU.

(lth/yud)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar