Mengenal Drone, Pesawat Tanpa Awak

Apa yang ada didalam benak Anda ketika mendengar kata Drones ? Pesawat tanpa awak milik amerika serikat yang digunakan untuk membalas terror dari Al Qaeda? Misi Capres Jokowi yang hendak membeli 3 unit untuk menjaga wilayah Indonesia ? Ini hanyalah salah satu pemanfaatan pesawat Drones namun ada banyak jenis dan pengaplikasian pesawat drones ini. Yuk, kita coba simak mengenai pemanfaatan dan jenis-jenis pesawat ini yang sudah mulai digunakan secara komersil maupun sekedar hobby.

tutor-drone

Drones adalah pesawat kecil tanpa awak yang dikendalikan dari sebuah radio control yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Ada banyak perusahaan yang terlibat dalam peran aktif yang ingin memanfaatkan pesawat drones ini. Google, Facebook, dan Amazon adalah diantaranya. Google telah membeli Titan Aerospace, facebook juga membeli sebuah perusahaan pembuat drone.

Amazon sendiri sudah pernah mencoba dan ingin memanfaatkan drones untuk mengantarkan barang. Bayangkan bila surat atau barang Anda tidak lagi diantarkan oleh kurir namun sebuah drones. Inilah mimpi dari Amazon yang ingin memanfaatkan drones untuk mengirimkan paket yang tidak lebih dari 2.27kg. Berat paket ini ideal karena sudah mencakup 86 persen barang kiriman amazon.

Selain Amazon yang menggunakan drones untuk pengiriman barang, Google memanfaatkan drones untuk memberikan layanan internet kepada lokasi yang sulit dijangkau, lalu untuk apa facebook membuat drones? Facebook menggunakan drones untuk pengguna yang ingin bergabung dengan sosial media dimana akses internetnya juga sulit jadi misi yang mirip dengan google.

Kegunaan lain dari drones adalah untuk memantau cuaca, iklan dan lain sebagainya. Kini seberapa berbahaya dan keamanan drones ini?


Keamanan
Sebagai sebuah alat yang terbang diatas kepala kita, drones tentu bisa berbahaya bila tidak dikendalikan dengan baik. David Zabli yang tinggal di New Work pernah didenda sebesar $2.200 ketika drones yang dimainkannya menabrak gedung Manhattan dan jatuh kejalan. Pernah juga ada kejadian drones yang jatuh karena mesin kontrolernya direbut dari orang yang mengendalikannya.

Selain itu, sebuah drones bisa saja dibajak. Hacker Samy Kamkar meletakkan sebuah komputer kecil, Raspberry Pi, Wi-Fi Transmitter dan baterai pada drones yang dikendalikannya untuk merebut drones lain dengan melakukan perebutan frekwensi pengendali drones. Kasus ini bisa Anda baca lebih lanjut di samy.pl/skyjack.

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply