Mengenal Sistem Keamanan ‘Rootless’ di OS X El Capitan

Semenjak proses pengenalan di WWDC 2015, OS X El Capitan memang disebut akan tampil lebih aman dibanding para versi pendahulunya. Nah jika kamu sering mendengar istilah ‘Rootless’ untuk keamanan di OS X El Capitan, ini dia bahasan yang musti kamu baca dan bagikan kepada teman yang juga menggunakan.

Apa Itu ‘Rootless’

Secara sederhana, sistem keamanan ini akan membatasi pengguna komputer OS X untuk mengakses berbagai folder atau system file penting walaupun sudah menggunakan Root User – istilah untuk akun dengan level tertinggi yang bisa mengakses dokumen sistem secara menyeluruh.

Nah sebenarnya nama asli dari fitur ‘Rootless’ adalah System Integrity Protection (SIP). Kehadirannya di OS X El Capitan untuk membuat pengguna terhindar dari serangan yang dapat masuk ke system file dan mengubah beragam pengaturan sensitif di dalamnya.

System Integrity Protection is a security technology in OS X El Capitan that’s designed to help prevent potentially malicious software from modifying protected files and folders on your Mac.

Lantas apa saja jalur folder yang tidak bisa kamu akses karena adanya teknologi SIP ini? Berikut ini daftarnya menurut laman Apple Support:

Paths and applications protected by System Integrity Protection include:

  • /System
  • /usr
  • /bin
  • /sbin
  • Apps that are pre-installed with OS X

Paths and applications that third-party apps and installers can write to include:

  • /Applications
  • /Library
  • /usr/local

Sebagai catatan, SIP sebetulnya mendukung fitur untuk mengubah dokumen penting yang ada di dalam daftar folder di atas. Namun harus dengan proses yang terdaftar oleh Apple alias disetujui, seperti mode Software Update dan juga instalasi software baru dari Mac App Store.

Itulah kenapa banyak aplikasi pihak ketiga – terutama aplikasi kecil dan berbau pengaturan sistem tidak lagi bekerja di OS X El Capitan. Ya, sebut saja MenuMeter, TinkerTool atau beragam aplikasi yang memberikan kamu informasi dari akses Root User atau beberapa system file.


Baca Juga:

Apa Pendapat Kamu?

Pengaturan ini adalah jawaban dari Apple untuk beragam isu keamanan yang sebelumnya teleh beredar. Kini dengan batasan yang diberlakukan, serangan berupa malware atau sejenisnya yang mengincar Root User kamu akan semakin terbatas.

Bagaimana pendapat kamu mengenai Rootless? Tidak terpengaruh, kesulitan untuk menikmati beragam folder dengan system file yang biasa kamu akses? Atau punya pendapat lain? Bagikan di kolom komentar ya.

Butuh penjelasan lebih detail? Yuk tonton video sesi kuliah WWDC 2015: Security and Your Apps


Gambar


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply