Menjajal Kekuatan WiFi di Terminal 3 Ultimate

Menjajal Kekuatan WiFi di Terminal 3 Ultimate Foto: Johanes Randy
Jakarta – Pihak Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara Soekarno Hatta menjamin kenyamanan penumpang dan pengunjung bandara, khususnya untuk koneksi internet.Mengacu pada rencana untuk melakukan program smart airport, kenyamanan penumpang dan pengunjung bandara untuk mengakses WiFi di bandara juga diperhatikan.

“Apa yang ingin dilakukan AP II untuk membuat smart airport ini adalah dari hal visitor and passenger. Pertama mengenai WiFi yang banyak penumpang yang kurang nyaman,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin kepada wartawan di terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakbar, Minggu (9/10/2016).

Atas dasar keluhan tersebut, pihak AP II berusaha untuk meningkatkan mutu telekomunikasi dengan meningkatkan kecepatan WiFi agar dapat diakses penumpang dan pengunjung, tentunya secara gratis. Rombongan media bersama pihak AP II dan Telkom Indonesia kemudian diajak berkeliling ke beberapa titik lokasi untuk mengecek kecepatan WiFi di terminal 3.

Lokasi pertama adalah ruang tunggu kedatangan yang berada di gate 5 keberangkatan. Awak media bersama tim dari Telkom Indonesia melakukan pengecekan kecepatan WiFi menggunakan aplikasi speedtest.net dan Wifi analyzer. Pengecekan dilakukan menggunakan smartphone berbasis Android.

Di gate 5 keberangkatan, pengecekan kecepatan WiFi dilakukan menggunakan smartphone Samsung Galaxy Note 5. Untuk kecepatan download mencapai 91,24 Mbpd dan upload di 95.19 Mbps. Sementara pengecekan menggunakan smartphone Lenovo S90A kecepatan download WiFi mencapai 24,85 Mbps (di frekuensi 2,4 Mhz), kecepatan unggah 9,99 Mbps.

Menjajal Kekuatan WiFi di Terminal 3 Ultimate Menjajal Kekuatan WiFi di Terminal 3 Ultimate

Dari gate keberangkatan 5, kami menuju Garuda Indonesia Check-in Counter. Saat dites menggunakan smartphone Samsung Galaxy Note 5, kecepatan download mencapai 63,23 Mbps dan kecepatan upload hingga 41,33 Mbps. Sementara saat dites menggunakan smartphone iPhone 6S, kecepatan download mencapai 78,79 Mbps dan kecepatan upload 9,18 Mbps.

Menjajal Kekuatan WiFi di Terminal 3 Ultimate Menjajal Kekuatan WiFi di Terminal 3 Ultimate

Pengetesan kecepatan Wifi gratis bandara di terminal 3 Ultimate beralih ke boarding gate 11. Di sini telah dilakukan beberapa kali pengecekan WiFi menggunakan speedtest, dan didapat hasil kecepatan download rata-rata di 90-an Mbps dan kecepatan upload yang bervariasi, dari 66,71 Mbps hingga 101,57 Mbps.


(rni/fyk)

About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply