Merek Paling Mahal Tahun Ini, Google atau Apple?

KOMPAS.com – Perusahaan konsultasi merek Interbrand merilis daftar berisi 100 merek paling mahal atau bernilai di dunia untuk tahun 2016. Apple bercokol di posisi teratas dengan brand value yang tumbuh lima persen mencapai 178,119 miliar dollar AS.

Urutan 10 besar brand paling bernilai di dunia didominasi oleh perusahaan teknologi. Selain Apple, ada Google yang duduk di urutan kedua, Microsoft di urutan keempat, serta IBM, Samsung, dan Amazon masing-masing di urutan 6,7, dan 8.

Tiga perusahaan lainnya di daftar 10 besar Interbrand, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Fortune, Sabtu (8/10/2016), adalah Coca Cola serta dua brand otomotif Toyota dan Mercedes Benz.

Apple dan Google mengklaim dua urutan teratas dalam daftar interband selama tiga tahun berturut-turut. Dalam periode waktu tersebut, Apple selalu duduk di urutan pertama, disusul oleh Google.

“Kemampuan finansial mereka kuat. Brand mereka  banyak menjadi pilihan dan mereka sangat kuat dibanding kompetitor,” ujar Global Chief Executive Officer Interbrand, Jez Frampton, mengenai Apple, Google, dan Coca, Cola, tiga brand di urutan teratas tahun ini.

Interbrand turut mencatat lima merek yang mengalami pertumbuhan tertinggi, yakni Facebook (48 persen), Amazon (33 persen), Lego (25 persen), Nissan (22 persen), dan Adobe (21 persen).

Ranking merek Interbrand disusun berdasarkan kinerja keuangan perusahaan, pengaruhnya ke konsumen, dan kemampuan brand bersangkutan dalam mendorong penjualan perusahaan.

About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar