Microsoft Ajak Belajar Coding dengan Main Minecraft

Microsoft Ajak Belajar Coding dengan Main MinecraftFoto: Istimewa
Jakarta – Saat mendengar kata coding, yang langsung terbayang oleh kebanyakan orang pasti sederet kode dan pemrograman yang rumit. Microsoft mengubah anggapan tersebut dengan mengajak main Minecraft. Kok bisa?

Bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Microsoft menggelar acara Generasi Bisa pada 13-15 Desember 2016. Rangkaian kegiatan ini mengusung dua aktivitas utama, yakni Hour of Code dan Skype-a-Thon yang bertujuan meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia.

Sesi paling seru dan mengasyikkan adalah Hour of Code, di mana ratusan peserta dari berbagai latar belakang yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, diajak main Minecraft. Dikatakan Corporate Affairs Director Microsoft Indonesia Ruben Hattari, dengan bermain Minecraft, tanpa sadar sebenarnya seseorang sedang belajar dasar-dasar coding.

“Coding merupakan pintu masuk untuk proses membuat aplikasi teknologi. Coding bisa untuk siapa saja bukan cuma mainan anak-anak IT. Karena ke depannya, semua bidang akan main coding, karena semuanya akan berbasis aplikasi,” kata Ruben di Jakarta Smart City Lounge di Balai Kota DKI Jakarta.

Belajar Coding dengan Seru

Peserta Hour of Code melakukan coding sambil bermain bersama dua karakter dalam Tutorial Minecraft, yakni Steven dan Alex. Peserta ditantang untuk menyelesaikan 14 level permainan di mana pada setiap level-nya mereka harus menavigasi karakter, menambang, membangun rumah, jembatan dan menjelajah dunia 2D Minecraft menggunakan program editor visual berbasis blok.

Setiap level yang harus diselesaikan di Minecraft secara bertahap mengajak pemainnya berpikir logis, kreatif dan efisien. Baik Microsoft maupun Pemprov DKI Jakarta berharap, dengan memperkenalkan dasar-dasar coding melalui cara yang menyenangkan, akan ada banyak talenta di bidang teknologi bermunculan di Indonesia.

“Literasi digital adalah salah satu kemampuan utama yang dibutuhkan di abad ke-21 karena mampu melatih pola berpikir logis, kritis dan kreatif. Semakin banyak masyarakat yang mengenal teknologi, semakin besar kesempatan kota-kota di Indonesia bertransformasi menjadi smart city,” kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemprov DKI Jakarta Dian Ekowati.

Hour of Code sendiri merupakan inisiatif global Microsoft yang dilaksanakan serentak di 180 negara dan diikuti oleh lebih dari 100 juta partisipan dengan tutorial Minecraft yang diterjemahkan ke dalam 40 bahasa.
(rns/fyk)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar