Microsoft Bing Prediksi Juara Liga Inggris

ADRIAN DENNIS / AFP Ilustrasi Chelsea

KOMPAS.com – Bing ternyata bisa juga digunakan untuk meramal. Produk mesin pencari buatan Microsoft tersebut baru saja memberikan prediksinya perihal juara kompetisi Liga Inggris.

Seperti KompasTekno kutip dari BetaNews, Sabtu (2/5/2015), Bing Predicts, nama layanan tersebut, menggunakan serangkaian algoritma yang cukup rumit untuk menghasilkan ramalannya tersebut.

Algoritma tersebut berbasiskan pertandingan sebelumnya dari lawan yang akan ditemui, performa saat ini, daftar cedera, dan masih banyak lagi.

Dari algoritma itu, Bing Predicts memprediksi, Chelsea bakal menjuarai Liga Inggris tahun ini. Tim dari kota London itu akan menduduki posisi puncak dengan nilai 91.

Sementara itu, Arsenal dan Manchester City diramalkan akan menduduki posisi kedua dan ketiga dengan nilai 84 dan 79. Adapun, Manchester United harus puas di posisi empat dengan nilai 77.

Beta News Prediksi Liga Inggris dari Bing

Bing Predicts juga memberikan prediksinya mengenai tim mana saja yang bakal didegradasi. QPR dan Leicester yang baru saja bergabung ke Divisi Utama Liga Inggris, tampaknya hanya mampu bersaing di divisi ini satu musim saja. Kedua tim tersebut diprediksi mengoleksi angka masing-masing 29 dan 31.

Microsoft sendiri memiliki reputasi yang cukup baik untuk masalah “ramalan” seperti ini. Sebelumnya, Cortana, mesin pencari berbasiskan suara, pernah memprediksi laga final American Football, Super Bowl.

Kala itu, Cortana menggunakan algoritma super rumit yang diklaim memeriksa sampai hal sekecil pun. Pada kenyataannya, Cortana mampu memberikan prediksi juara yang tepat kala itu.

Satu hal yang harus disadari, baik Bing Predicts maupun Cortana, sejatinya adalah teknologi yang dibuat oleh manusia. Kedua produk itu hanya memberikan prediksi berdasarkan data belaka. Masih ada kemungkinan bahwa hasil ramalannya akan salah atau kurang tepat.



About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply