Mikrotik Kung Fu : Kitab 4 (2016)

Pada saat melakukan implementasi jaringan skala menengah sampai besar, maka teknik routing dibutuhkan untuk menghubungkan beberapa jaringan kecil (sub network), sekaligus memilihkan jalur terbaik (best path) yang akan ditemput packet data untuk sampai di tujuan. Jika terdapat beberapa path, maka teknik routing dapat dikembangkan menjadi teknik load balancing. Dengan teknik load balancing, traffic dapat disebar secara merata melalui beberapa path yang tersedia.

Router MikroTik merupakan router yang powerfull karena dapat menjalankan routing static maupun dynamic. Kemampuannya meliputi implementasi routing internal suatu organisasi maupun implementasi routing antar organisasi (routing antar Autonomous System). Untuk urusan load balancing, Router MikroTik sanggup menerapkan per packet load balancingper connection load balancing maupun per address pair load balancing.

Berbagai implementasi routing maupun load balancing yang mampu dilakukan Router MikroTik akan dibahas pada buku ini. Buku ini merupakan kelanjutan dari Buku MikroTik Kung Fu Series. Untuk Kitab 4 ini, pembahasan akan difokuskan pada beberapa hal, yaitu :

  • Konsep Routing dan Load Balancing
  • Static Routing
  • Open Shortest Path First (Single Area maupun Multi Area)
  • Border Gateway Protocol (Non-Transit AS).
  • Equal Cost Multi Path (ECMP)
  • Policy-Based Routing (PBR)
  • Nth
  • Per Connection Classifier (PCC)

Sebagian besar pembahasan adalah konfigurasi untuk melakukan implementasi routing dan load balancing. Namun pada setiap awal bab, buku ini juga dilengkapi dengan landasan teori dan konsep. Ini akan memudahkan Anda untuk memahami maksud dari setiap konfigurasi. Bagian akhir dari buku ini, disertakan beberapa skenario Best Practice yang merupakan gabungan dari keseluruhan teknik routing dan load balancing.

Judul               Mikrotik Kung Fu : Kitab 4
Penulis           Rendra Towidjojo
ISBN                978-602-0823-09-6
Harga              Rp. 85.000,-
Halaman         344
Level               Middle

About The Author

Penulis buku-buku teknologi komputer dan gadget dan telah menulis semenjak tahun 1995 dengan buku pertamanya "Assembly" dan buku fenomenal "Seni Internet Hacking". Telah menulis lebih dari 30 buku yang sebagian besarnya diterbitkan oleh Jasakom. + http://facebook.com/sto2009 + https://twitter.com/sto2009

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar