Misteri "Mobil Melayang" di China Terungkap – Kompas.com

KOMPAS.com — Pekan lalu, video “mobil mengambang” di kawasan Xingtai, China, menjadi viral. Video itu terekam oleh kamera CCTV milik publik.

Pada video, setidaknya tiga mobil yang melintas di persimpangan jalan tersebut tiba-tiba terangkat. Mobil-mobil itu saling bergesekan dan akhirnya terbalik.

Beberapa orang menghubungkan fenomena itu dengan hal-hal mistis. Pasalnya, tak ada angin badai kala itu yang bisa mengangkat tiga mobil sekaligus.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=HY8lChNq8Go]

Dilansir KompasTekno, Selasa (1/12/2015) dari CNN, kini terungkap alasan di balik insiden mobil terbang tersebut.

Ternyata, ada kabel yang terlilit di alat pembersih pada mobil pembersih jalan yang terletak di sisi paling kanan video. Kabel itu menjulur hingga ke tengah jalan.

Lalu, sebuah mobil sedan datang dari arah kanan dan menginjak kabel yang terjulur. Kabel itu pun ikut menyandung mobil sedan dan dua mobil di samping kiri sedan.

Alhasil, dari kejauhan yang terekam CCTV, gambar seakan-akan menunjukkan tiga mobil melayang bersamaan. Tak terlihat penampakan kabel dari CCTV jarak jauh tersebut.

“Saya mengendarai mobil pelan-pelan,” kata pengendara mobil van. “Kemudian saya melayang. Mobil pembersih jalan terlilit kabel. Kabel itu menjulur pula di bawah mobil-mobil kami dan membuat kami melayang,” ia menjelaskan.

Untung saja tak ada korban luka-luka dan korban jiwa pada peristiwa tersebut. Dengan ini, keriuhan netizen yang menganggap peristiwa “mobil terbang” sebagai peristiwa gaib bisa kembali rasional.

Videonya dapat disaksikan di tautan ini.

About The Author

Profile photo of kompas

Kompas.com adalah portal berita yang memiliki media online maupun offline tertua dan ternama di indonesia. Media offline kompas adalah yang terbesar di Indonesia.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar