Mobil Pintar Bosch Otomatis Bisa Cari Parkir Sendiri

Las Vegas – Mencari tempat parkir kerap bikin ribet. Bagaimana jika mobil bisa mencari tempat parkir sendiri? Ini bukan khayalan, teknologi memungkinkannya terjadi.

Perusahaan teknologi asal Jerman Bosch, menciptakan infrastruktur intelijen yang dibenamkan di tempat parkir dan vehicle control unit sebuah mobil untuk mewujudkan sistem parkir otomatis berbasis komunitas.

“Lokasi parkir pinggir jalan sangat diminati, terutama di wilayah pemukiman. Dengan sistem parkir berbasis komunitas, Bosch mengambil alih proses pencarian area parkir, sehingga meringankan beban pengemudi,” kata Dr Werner Struth, Member of the Board of Management, Robert Bosch GmbH saat konferensi pers yang dihadiri detikINET di Mandalay Bay Convention Center, Las Vegas, Kamis (5/1/2017).

Saat sebuah mobil tengah melaju di jalan, sensor ultrasound yang dibenamkan pada vehicle control unit akan berkomunikasi dengan sistem di tempat parkir dan mendeteksi titik kosong. Sistem kemudian akan mengukur kesediaan jarak yang pas untuk mobil yang akan parkir.

Data yang terkumpul kemudian dikirimkan ke peta jalan digital. Selanjutnya, algoritma Bosch akan menilai sejauh mana data tersebut dapat diandalkan, lalu membuat perkiraan dari keadaan di sekitar area parkir.

Peta yang menunjukkan kondisi real time tersebut dapat diakses oleh mobil-mobil yang berada di sekitar area parkir tersebut –yang sudah terpasang sensor tentunya– sehingga pengemudi dapat langsung menuju titik parkir yang kosong.

Bosch sudah menjajal infrastruktur intelijen ini di Stuttgart, Jerman, bekerjasama dengan pabrikan otomotif Mercedes-Benz. Rencananya, sistem ini akan dikomersialkan Bosch pada pertengahan 2017.

Sistem parkir otomatis ini jadi salah satu solusi Bosch dalam membangun kota pintar, dengan meningkatkan kualitas hidup, efisiensi energi, dan keamanan. Di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2017, Bosch menampilkan solusi di bidang mobilitas, teknologi energi dan bangunan, keamanan, dan pemerintah kota digital.

Terkait dengan mobilitas, teknologi yang ditampilkan termasuk sistem pemantauan lingkungan dan teknologi parkir terhubung, serta tak ketinggalan manajemen armada, mobilitas elektronik (e-mobility), dan solusi transportasi intermoda.

Berhubungan dengan energi, turut ditampilkan pembangkit listrik virtual, pemanas hemat energi, sistem air panas dan pendingin, serta teknologi penyimpanan energi.

Termasuk ke dalam sistem keamanan yaitu teknologi proteksi kebakaran, sistem kontrol akses, dan solusi pengawasan video. Terakhir, berhubungan dengan bangunan tempat tinggal, Bosch menawarkan Smart Home Technology dan peralatan rumah tangga yang saling terhubung. (rns/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar