Mozilla Putuskan Hari Akhir Windows XP dan Vista

Mozilla Putuskan Hari Akhir Windows XP dan Vista Foto: Windows XP
Jakarta – Satu persatu dukungan terhadap Windows XP dan Vista mulai berguguran. Bahkan, Mozilla Firefox pun ikut menentukan hari akhirnya.

Bila dihitung, Windows XP saat ini sudah memasuki usia yang ke-15 tahun sejak pertama kali diluncurkan di tahun 2001 silam. Microsoft pun sejatinya sudah menghentikan dukungan terhadap Windows XP sejak tahun 2014.

Sementara untuk Windows Vista, perpanjangan dukungan akan terhenti pada 11 April 2017. Kini, giliran Mozilla Firefox yang siap-siap hengkang dari sistem operasi lawas itu.

Sejumlah peramban alias browser seperti Google Chrome, misalnya, sejatinya sudah resmi menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi Windows XP dan Vista sejak awal 2016 lalu.

Sementara bagi Mozilla, seperti dikutip detikINET dari Engadget, Senin (26/12/2016), dukungan Firefox untuk kedua OS itu rencananya akan berakhir pada Maret 2017.

Meski begitu, ini bukan berarti Firefox akan benar-benar tak bisa dipakai di Windows XP dan Vista. Menurut informasi, Mozilla hanya akan menghentikan dukungan terhadap fitur keamanan di peramban berlogo rubah api itu.

Bila dibandingkan dengan jumlah market share Windows 10 yang mencapai 23,72% dari total PC di seluruh dunia, jumlah market share Windows XP saat ini memiliki porsi yang cukup kecil, yakni hanya 8,63%. Maka dari itu, penghentian dukungan ini tentu bukan masalah yang besar.

Suka atau tidak, inilah keputusan Mozilla. Bagi Anda yang masih berkutat dengan sistem operasi lawas itu, tak ada salahnya mencoba sistem operasi yang baru jika ingin merasakan pengalaman berselancar di dunia maya lebih asyik lagi.
(mag/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar