Orang Terkaya di Dunia Bikin Jam Raksasa Senilai Rp 611 Miliar

Jakarta – Bos Amazon, Jeff Bezos, mengumumkan proyek pembangunan jam raksasa 10.000 tahun lewat akun Twitter-nya. Pria yang tercatat sebagai orang uang terkaya di dunia itu mengungkap tinggi jam tersebut mencapai 500 kaki atau sekitar 152 meter.

Bezos merupakan salah satu penyokong dana dari pembangunan jam 10.000 tahun yang dibangun oleh lembaga kebudayaan Long Now Foundation, di kedalaman pegunungan di Texas barat.

Tujuan dibangunnya jam raksasa tersebut adalah mendorong masyarakat untuk berfikir kritis di tengah komunikasi online dan hidup yang serba cepat. “Ini adalah jam istimewa, didesain untuk menjadi simbol, sebuah ikon untuk pemikiran jangka panjang,” sebut Bezos di blognya.

Dikutip detikINET dari Fortune, Kamis (22/2/2018), jam ini berbeda dari penunjuk waktu pada umumnya. Ia hanya akan berdetak sekali dalam setahun dan diperkirakan bakal bertahan hingga 10.000 tahun.

Bos Amazon Bikin Jam Raksasa Bernilai Rp 611 MiliarFoto: Internet

Long Now Foundation mengungkap, pada waktu tertentu jam itu akan memutarkan musik yang berasal dari lonceng, sehingga mengeluarkan melodi yang belum pernah terdengar sebelumnya.

“Jam itu telah diprogram agar tak berulang-ulang selama 10.000 tahun,” ungkap Long Now Foundation. “Seringkali jam akan bersuara saat ada pengunjung yang mengganggunya, namun jam ini memiliki sumber energi yang berbeda dan akan bersuara dengan sendirinya saat tak ada seorang pun di sekitarnya,” imbuhnya.

Long Now Foundation tak mengungkap kapan proyek jam 10.000 tahun itu akan rampung dikerjakan. Namun nilai proyeknya sendiri ditaksir mencapai US$ 42 juta atau sekitar Rp 611 miliar.

(afr/afr)


About The Author

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply