Otak Manusia dalam Hitungan Komputer ala AMD

Otak Manusia dalam Hitungan Komputer ala AMDFoto: Rengga Sancaya
Jakarta – Secanggih apapun sebuah komputer, kemampuannya belum bisa sedikit pun mendekati otak manusia. Lantas, sebenarnya seberapa cepat otak manusia? AMD pun coba memaparkannya dalam hitungan komputer.

Sebagai perbandingan, AMD mengadunya dengan performa yang dimiliki oleh chip grafis terkencangnya saat ini, Radeon RX 480. Menurut data yang dipaparkan raksasa chip tersebut, RX 480 memiliki kapabilitas komputasi hingga 1 teraOp.

Sementara kapasitas memori bandwidth-nya berada di angka 5 terabits/detik. RX 480 juga butuh pasokan daya yang lumayan untuk beroperasi, bisa mencapai 150 wat dalam kondisi beban tinggi. Kalau dalam hitungan komputasi per watt, performa yang dihasilkan tidak sampai 0,007 teraOp per watt.

Sekarang giliran otak manusia. Menurut AMD, dalam hitung-hitungan komputer kapabilitas komputasi berada di angka yang luar biasa jauh selisihnya. Kalau chip grafis mampu menyodorkn 1 teraOp, maka otak manusia diperkirakan punya kemampuan hingga 100 teraOp.

Bandwidth memorinya lebih gila lagi, mencapai 10 exabits per detiknya. Menariknya lagi, dengan hitungan luar biasa itu otak manusia nyatanya hanya butuh daya yang rendah, cukup 30 watt saja.

Otak Manusia dalam Hitungan komputer ala AMDFoto: Yudhianto/detikINET

Bagaimana hitungan komputasi per wattnya? Dipastikan jauh meninggalkan chip grafis RX 480. Nilai komputasi per watt otak manusia disebut berada di angka 3 teraOp per watt. Bandingkan dengan RX 480 yang tidak lebih dari 0,007 teraOp per watt.

Meski demikian perkembangan teknologi chip saat ini yang sedemikian masif juga patut diapresiasi. Apalagi penggunaannya kini telah diimplementasikan di banyak sektor yang memudahkan pekerjaan manusia.

Lagipula, chip grafis maupun prosesor bukan dibuat untuk mengalahkan otak manusia yang diciptakan sang Khalik.
(yud/rou)

About The Author

Profile photo of Detik

Detik.com adalah portal berita online terbesar di indonesia yang menyediakan beragam macam berita dari politik, IT sampai kesehatan.

Related posts

Click on a tab to select how you'd like to leave your comment

Leave a Reply

Skip to toolbar